Perbedaan Bansos KJP, KJMU, dan KIP, Simak Penjelasannya

Jum'at, 03 November 2023 - 14:11 WIB
loading...
Perbedaan Bansos KJP, KJMU, dan KIP, Simak Penjelasannya
Bansos KJP, KJMU, dan KIP merupakan program bantuan pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat perlu mengetahui perbedaan bansos KJP, KJMU, dan KIP. Pada dasarnya, ketiga bantuan sosial (bansos) tersebut merupakan program pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagian masyarakat mungkin masih menganggap tiga bansos tersebut sama. Padahal, ada perbedaan antara bansos KJP, KJMU, dan KIP dari penerima bantuan hingga instansi yang mengelola program tersebut.

Perbedaan Bansos KJP, KJMU, dan KIP


Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan dan perbedaan dari bansos KJP, KJMU, dan KIP.

1. KJP (Kartu Jakarta Pintar)


- Program ini diterbitkan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
- KJP adalah program bantuan sosial khusus untuk anak-anak usia sekolah di DKI Jakarta.
- Kartu ini memberikan bantuan berupa uang tunai kepada siswa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) yang memenuhi syarat.
- Tujuannya adalah untuk membantu biaya pendidikan, termasuk pembelian buku, seragam sekolah, dan kebutuhan pendidikan lainnya.


2. KJMU (Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul)


- Program KJMU juga diterbitkan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan berlaku di wilayah DKI Jakarta.
- Program ini ditujukan untuk peserta didik dengan KTP Jakarta
- Salah satu syarat dapat menerima bantuan ini adalah tidak menerima bantuan pendidikan lain yang bersumber dari APBN dan/atau APBD.
- Kartu ini memberikan dukungan keuangan kepada mahasiswa berprestasi dengan memberikan bantuan keuangan yang dapat digunakan untuk biaya kuliah, buku, seragam, transportasi, dan kebutuhan pendidikan lainnya.

3. KIP (Kartu Indonesia Pintar)


- Program ini dikeluarkan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- KIP adalah program bantuan sosial yang bertujuan untuk mendukung pendidikan anak-anak di seluruh Indonesia.
- Kartu ini memberikan bantuan berupa beasiswa dan fasilitas lainnya kepada siswa sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas yang memenuhi syarat.
- Tujuannya adalah untuk mengurangi kesenjangan akses pendidikan dan meningkatkan partisipasi anak-anak dalam pendidikan formal.

Perbedaan utama dari ketiga bansos tersebut terletak pada sasaran penerima, di mana KIP berlaku untuk seluruh seluruh masyarakat Indonesia yang hendak melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi Negeri.

Sedangkan untuk KJMU hanya berlaku bagi masyarakat dengan KTP Jakarta saja yang telah lulus seleksi ke perguruan tinggi.

Untuk KJP sendiri ini diperuntukkan bagi siswa-siswi atau Anak Tidak Sekolah (ATS) di usia 6-21 tahun, yang berdomisili di DKI Jakarta.

Selain dari sisi penerima bantuan, perbedaan juga terletak dari sumber bansos. KIP dicanangkan oleh pemerintah pusat, sedangkan KJMU dan KJP dikeluarkan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)