Pasukan Israel Mencapai Jalan Rashid, Belah Gaza Jadi Dua

Jum'at, 03 November 2023 - 11:43 WIB
loading...
Pasukan Israel Mencapai Jalan Rashid, Belah Gaza Jadi Dua
Tank Israel masuk ke wilayah Jalur Gaza. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Pasukan Israel telah mencapai Jalan Rashid, yang membentang di sepanjang pantai Gaza, sehingga membelah wilayah Palestina menjadi dua.

Kabar itu diungkap pihak berwenang setempat. Pertempuran sengit terus berkecamuk antara pasukan Israel dan pejuang Hamas. Sejauh ini Israel telah menewaskan lebih dari 9.000 warga Palestina.

Ketegangan juga meningkat di Tepi Barat. “Seorang tentara cadangan Israel berusia 29 tahun tewas di bagian utara Tepi Barat pada Kamis,” ungkap pihak berwenang setempat.



Pria itu ditembak di dalam mobilnya saat berkendara menuju rumahnya di permukiman Einav.

Menurut Times of Israel, IDF menggambarkan insiden itu sebagai “serangan teror,” dan sedang mencari pria bersenjata tersebut.

Media Israel mengutip laporan pemukim menanggapi pembunuhan anggota pasukan cadangan tersebut dengan membakar properti warga Palestina, termasuk toko-toko dan kebun zaitun, di desa terdekat Deir Sharf.

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) pada Kamis mengesahkan rancangan undang-undang yang didukung Partai Republik yang akan memberikan bantuan sebesar USD14,3 miliar kepada Israel.

Namun, undang-undang tersebut akan ditolak di Senat yang dikuasai Partai Demokrat, karena undang-undang tersebut mengikat dana untuk Israel dengan beberapa pemotongan pengeluaran di dalam negeri dan tidak memberikan dana tambahan untuk Ukraina.

Gedung Putih juga berjanji memveto RUU tersebut, dengan alasan, “RUU tersebut semakin mempolitisasi dukungan kita dan memperlakukan satu sekutu secara berbeda dari sekutu lainnya.”

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)