Kena OTT Buang Sampah di Depok, Pendatang Ini Langsung Disidang

Sabtu, 23 September 2017 - 01:54 WIB
Kena OTT Buang Sampah di Depok, Pendatang Ini Langsung Disidang
Kena OTT Buang Sampah di Depok, Pendatang Ini Langsung Disidang
A A A
DEPOK - Tim Buser Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pembuang sampah di Jalan Juanda. Tim menyisiri sepanjang Jalan Juanda dari pagi hari. Sekitar pukul 08.30 WIB tertangkap tangan seorang perempuan sedang membuang sampah.

Tim langsung mendatanginya dan meminta identitasnya. Diketahui wanita itu beralamat di Boyolali, namun tinggal di Depok. Saat membuang sampah, dia menggunakan sepeda motor. Wanita itu tak bisa mengelak sedikitpun. "Dia tertangkap tangan sedang buang sampah di jalan," kata Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Kusumo.

Dia menuturkan, wanita itu mengakui kesalahannya. Dia pun bersedia menjalani tindak pidan ringan (tipiring). "Kami langsung minta tanda pengenal lalu ditindak dengan menjalani sidang tipiring nanti. Ternyata pas dilihat identitasnya dari luar Depok," tukasnya.

Dia menuturkan, OTT bertujuan mencegah pengendara atau pejalan kaki yang hendak buang sampah di jalan. Dengan adanya operasi tersebut menjadi efek jera bagi warga yang nekat buang sampah. Harapannya masyarakat disiplin dan sadar menjaga lingkungan. "OTT tidak hanya di sini, di semua kawasan di Depok juga," ungkapnya.

Sementara itu pedagang nasi uduk di RW 14, Kelurahan Kemiri Muka, mengaku banyak yang buang sampah di sekitar jalan itu. "Malahan ada yang pake mobil avanza terus lempar sampah di jalan," katanya.

Salah satu warga Cimanggis, Dena (32) mengaku adanya operasi tangkap tangan menjadi hal yang penting. Menurutnya, itu perlu dilakukan secara rutin sehingga warga semakin sadar menjaga lingkungan. "Ini juga menjadi cambuk buat saya agar lebih disiplin khususnya dalam memilah sampah. Sekarang saya ajak anak-anak juga belajar memilah sampah organik dan non organik," tandasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6536 seconds (0.1#10.140)