Israel Gunakan AI dalam Perang Gaza, tapi Kalah dengan Semangat Hamas

Jum'at, 03 November 2023 - 05:50 WIB
loading...
Israel Gunakan AI dalam Perang Gaza, tapi Kalah dengan Semangat Hamas
Israel menggunakan AI dalam menarget posisi Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Tentara Pertahanan Israel (IDF) telah mencapai lebih dari 11.000 sasaran di Gaza sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

Lebih lanjut, pejabat badan intelijen senior Israel mengatakan bahwa pada hari pertama invasi minggu lalu, bank target yang dipimpin oleh kecerdasan buatan (AI) yang sangat canggih membantu pejuang IDF menargetkan dan menghancurkan 150 target terowongan dalam satu hari.

Berbeda dengan masa lalu, 90% target yang dicapai berkat gabungan upaya AI dan ratusan informasi intelijen IDF dihasilkan dan dicapai secara real-time.

Meskipun intelijen IDF telah menggunakan bentuk-bentuk AI sejak lama, program ini mengalami lompatan besar pada tahun 2019.

Meskipun ada kemajuan besar, pejabat intelijen senior mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya unit bank target AI digunakan untuk invasi darat besar-besaran, dengan banyak unit bermanuver di daerah perkotaan yang tidak bersahabat secara bersamaan.

Di masa lalu, unit intelijen telah membantu memfasilitasi berbagai konflik yang dipicu serangan udara dengan Gaza.

Unit intelijen AI ini sangat penting bagi keberhasilan awal IDF dalam menyempurnakan sebagian besar serangan Hamas sebelum mereka mulai bermanuver untuk menyerang pasukan darat IDF.

Unit ini harus melakukan penyesuaian secara real-time untuk mempelajari taktik baru Hamas, termasuk mengubah taktik yang diketahui bahwa taktik sebelumnya untuk menghancurkan terowongan, seperti pada konflik Gaza pada Mei 2021, hanya berhasil sebagian.

Pejabat senior tersebut tidak mengungkapkan perubahan taktis apa yang telah dilakukan, namun menegaskan bahwa penyesuaian yang dilakukan akan membawa keberhasilan yang lebih besar dalam menghancurkan terowongan Gaza secara lebih permanen.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)