Rayakan Tahun Baru Islam, 1000 Warga Ciputat Gelar Pawai Obor

Rabu, 20 September 2017 - 23:06 WIB
Rayakan Tahun Baru Islam, 1000 Warga Ciputat Gelar Pawai Obor
Rayakan Tahun Baru Islam, 1000 Warga Ciputat Gelar Pawai Obor
A A A
TANGERANG SELATAN - Sebanyak 1.000 warga RW 01, Bambu Apus, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), melakukan pawai obor sambil melantunkan salawat disepanjang rute perjalanan yang mereka lalui.

Aksi itu dilakukan dalam rangka memperingati malam Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah yang bertepatan dengan Kamis, 21 September 2017. Antusias warga nampak begitu terlihat, kaum pria dan perempuan dewasa, hingga anak-anak turut serta dalam barisan pawai lengkap membawa obor.

"Pawai ini kita lakukan untuk menyambut malam Tahun Baru Hijriah 1 Muharam besok. Warga yang ikut mencapai 1.000 orang, ini berasal dari 6 Rukun Tetangga (RT) di wilayah RW 01 Bambu Apus, jadi kita bawa obor sambil bersalawat keliling kampung," kata Nurrohman, salah seorang panitia dari warga setempat, Rabu (20/9/2017) malam.

Peserta pawai obor itu mengelilingi permukiman warga dan jalan utama di area Bambu Apus, Ciputat. Panjangnya barisan massa, membuat para pengendara yang melintas pun secara sukarela berhenti dan memberikan ruang bagi mereka.

"Ya ini kan perayaan untuk tahun baru islam, baguslah merayakan dengan cara yang religius seperti ini. Macetnya juga kan nggak lama, wajarlah, kita dukung kok perayaan seperti ini," ujar Rio Arif Wicaksono (32), pengendara sepeda motor yang terhenti menunggu pawai obor melintas didepannya.

Di Kota Tangsel sendiri, perayaan malam tahun baru Hijriah digelar pada beberapa titik. Di antaranya, di Jalan Otista Ciputat, Jalan Raya Siliwangi Pamulang, Jalan Raya Puspiptek Setu, serta beberapa lokasi lain. Umumnya, mereka menggelar konvoi berjalan kaki sambil melantunkan salawat dan zikir.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)