LAZ YBKB Beri Edukasi Pencegahan Stunting di Gedong Jaktim

Senin, 30 Oktober 2023 - 15:29 WIB
loading...
LAZ YBKB Beri Edukasi Pencegahan Stunting di Gedong Jaktim
Lembaga Amil Zakat Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (LAZ YBKB) bersama Kelurahan Gedong menggelar edukasi pencegahan stunting di Graha Cerdas Mandiri, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Lembaga Amil Zakat Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (LAZ YBKB) bersama Kelurahan Gedong menggelar edukasi pencegahan stunting di Graha Cerdas Mandiri, Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur .

Berdasarkan data 2022 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), angka kasus stunting di Indonesia masih mencapai 21,6 persen. Angka ini berada di atas standar maksimum WHO yaitu 20 persen. Karena itu, upaya pencegahan meningkatnya kasus stunting di Indonesia merupakan langkah prioritas yang perlu diupayakan berbagai pihak.



LAZ YBKB telah mengadakan survei dan kunjungan ke Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, kemudian menemukan 12 kasus stunting. Kunjungan door to door dihadiri Direktur Utama LAZ YBKB Heris Bimo Cahyoadi, Camat Pasar Rebo Mujiono, serta Lurah Gedong Nunung Siti Cholimah.

Data yang ditemukan saat kunjungan belum termasuk anak-anak dengan gizi buruk yang terancam berada dalam kondisi stunting jika tidak diadakan langkah penanggulangan gizi buruk.

Direktur Utama LAZ YBKB Heris Bimo Cahyoadi mengatakan, setiap anak berhak mendapatkan akses nutrisi yang baik, terlebih anak-anak yatim dhuafa. Dengan kegiatan ini, pihaknya berharap membantu mencegah dan mengatasi stunting serta mendukung masa depan mereka yang lebih cerah.

Lurah Gedong Nunung Siti Cholimah menghargai inisiatif dan bantuan yang diberikan LAZ YBKB. "Pendidikan mengenai gizi dan nutrisi sangat penting bagi masyarakat. Dengan kerja sama ini, kami optimistis angka stunting di Kelurahan Gedong menurun," katanya, Senin (30/10/2023).

Penyebab stunting dikarenakan tingkat ekonomi keluarga yang kurang memungkinkan dalam penyediaan kebutuhan makanan dengan nutrisi dan gizi seimbang. Kurangnya pengetahuan orang tua mengenai kebutuhan gizi anak menjadi penyebab utama lainnya.

Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa melalui LAZ YBKB berupaya memiliki peran aktif melalui berbagai kegiatan pencegahan dan penanggulangan. Pada kegiatan cegah stunting yang diadakan beberapa waktu lalu, LAZ YBKB berupaya membantu 12 anak terindikasi stunting dan 14 warga Kelurahan Gedong yang memiliki anak dengan status gizi buruk.

Kegiatan ini juga dihadiri 2 anak yang telah dinyatakan lulus stunting. Selain itu, LAZ YBKB turut memberikan bantuan nasi boks bergizi, sembako bergizi, dan bantuan dana kesehatan. Untuk mencegah dan menanggulangi kasus stunting memang membutuhkan penanganan secara menyeluruh dari berbagai stakeholders.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)