Bani Tamim, Umat Rasulullah yang Paling Tegar Melawan Dajjal di Akhir Zaman

Senin, 30 Oktober 2023 - 14:15 WIB
loading...
Bani Tamim, Umat Rasulullah yang Paling Tegar Melawan Dajjal di Akhir Zaman
Rasulullah SAW mengabarkan bahwa pada akhir zaman nanti akan muncul seorang pemuda dari keluarga Bani Tamim dan kelompoknya, yang akan mempersiapkan kedatangan seorang pemimpin bagi umat di akhir zaman, yang dikenal sebagai Imam Mahdi. Foto ilustrasi/isti
A A A
Salah satu dari peristiwa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW akan terjadi pada akhir zaman adalah munculnya seorang pemuda dari keluarga Bani Tamim dan kelompoknya, yang akan mempersiapkan dasar yang solid untuk kedatangan seorang pemimpin bagi umat di akhir zaman, yang dikenal sebagai Imam Mahdi.

Lantas siapa sosok pemuda Bani Tamim ? mengapa sosok kaum ini sangat disukai Rasulullah SAW? berikut ulasan mengenai Bani Tamim, umat Rasulullah yang paling tegar melawan Dajjal di akhir Zaman:

Bani Tamim, Umat Rasulullah yang Paling Tegar Melawan Dajjal di Akhir Zaman

Bani Tamim dikenal sebagai salah satu klan yang sangat dicintai Rasulullah SAW dan kabilah yang akan mendukung Imam Mahdi melawan Dajjal di akhir zaman.

Adapun hadis yang menjelaskan Bani Tamim adalah sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anha dia berkata; Saya akan senantiasa mencintai Bani Tamim, karena tiga hal yang pernah saya dengan dari Rasulullah SAW tentang mereka: Pertama, saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Mereka (Bani Tamim) adalah umatku yang paling gigih melawan Dajjal.”

Kedua, ada seorang tawanan perempuan dari Bani Tamim di rumah Aisyah. Kemudian Rasulullah bersabda: ‘Hai Aisyah, bebaskanlah ia! Karena ia adalah keturunan Ismail.’ Ketiga, Rasulullah SAW pernah bersabda ketika ada zakat dari Bani Tamim: ‘Ini adalah zakat dari kaum kami.’ (HR.Bukhari).

Terdapat beberapa dalil tentang keutamaan mereka, yang bisa disebutkan di antaranya:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: مَا زِلْتُ أُحِبُّ بَنِي تَمِيْم مُنْذُ ثَلَاثٍ سَمِعْتُ مِنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ فِيْهِمْ: سَمِعْتُ يَقُوْلُ فِيْهِمْ: (هُمْ أَشَدُّ أُمَتِي عَلَى الدَّجَّالِ) وَ جَاءَتْ صَدَقَاتُهُمْ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ( هَذِهِ صَدَقَةُ قَوْمِناَ) وَ كَانَتْ سَبِيَّةٌ مِنْهُمْ عِنْدَ عَائِشَةَ فَقَالَ ( أَعْتِقِيْهَا لِأَنَّهاَ مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيْلَ)


Dari Abu Hurairah Radhiyallahuanhu ia berkata: Aku tetap mencintai Bani Tamim sejak aku mendengar Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut tiga keutamaan mereka. “Mereka yang paling sengit dalam memerangi dajjal dari umatku”.

Hadits Rasullah SAW mengenai pemuda ini diriwayatkan dari Ibnu Umar RA, bahwa pada suatu hari Rasulullah SAW, sambil memegang tangan Saidina Ali RA, beliau bersabda :

“Akan keluar dari sulbi ini seorang pemuda yang memenuhi bumi ini dengan keadilan. Maka apabila kamu menyakini demikian itu hendaklah bersama Pemuda Bani Tamim itu. Sesungguhnya dia datang dari sebelah Timur dan dialah pemegang panji-panji Al Mahdi.” (Hadis riwayat At Tabrani).

Di antara sifat-sifat yang melekat pada Pemuda Bani Tamim adalah :

1. Dia berketurunan Suku Tamim atau Bani Tamim

Siapa sesungguhnya keturunan Bani Tamim, untuk hal ini terdapat perbedaan ijtihad di kalangan ulama. Di kalangan bangsa Arab ada satu kabilah yang bernama Tamim. Kabilah Tamim ini adalah satu kabilah dari bangsa Quraisy yang mendiami kawasan sekitar kota Makkah.

Di antara sahabat yang berasal dari kabilah Tamim ialah sahabat yang paling setia kepada Rasulullah SAW,yaitu Abu Bakar as-Siddiq RA. Ulama lain berpendapat bahwa pemuda Tamim ini adalah berasal dari keturunan Ahlul Bait.

2. Keturunan pemuda ini telah menyatu dengan etnis Timur

Ia adalah seorang yang keturunan Bani Tamim yang telah bergabung dengan etnis dari timur, sehingga dia lebih dikenal sebagai anggota etnis Timur daripada suku Tamimnya.

Jika seseorang bertanya padanya, 'Dari mana asalmu?' Dia akan menjawab, 'Saya berasal dari Timur.' Dan jika ditanya, 'Darimana engkau berasal?' Pemuda Bani Tamim akan menjawab, 'Dari Timur.' Penjelasan ini dapat ditemukan dalam karya Imam Suyuti yang berjudul al-Jami’us Shaghir.

3. Pemuda tersebut adalah seorang yang disebut Syuaib bin Soleh

Menurut para penafsir, nama ini bukanlah nama aslinya, melainkan merujuk kepada suku atau kelompok etnisnya. Dia dikenal sebagai seorang pemuda yang baik dan berasal dari keluarga yang terkenal karena akhlaknya yang baik.

Dari segi bahasa Arab, kata "Syu’bun" mengacu pada suku atau kelompok etnis dalam suatu bangsa. Sementara itu, kata "Syu’aibun" merujuk pada suku kecil dalam sebuah kabilah. Kata "Bin" berasal dari "Ibnun," yang artinya anak lelaki. Sedangkan kata "Soleh" menggambarkan sifat baik, baik dalam nama, kepribadian, kepercayaan, keturunan, agama, pemikiran, dan akhlak.

4. Dia adalah seorang mujaddid yang berperan dalam menghidupkan kembali agama, dimulai dengan memperkuat iman manusia untuk mengenali Allah SWT.

Dengan upayanya, nama Allah SWT diangkat kembali dalam kehidupan manusia, dan mereka hidup dengan mengikuti syariat serta akhlak yang mempesona. Pribadi Pemuda Bani Tamim ini pasti memiliki iman yang kuat, menunjukkan ciri-ciri keimanan orang-orang utama.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)