7 Keindahan dan Keunikan Hagia Sophia di Istanbul Turki yang Tetap Abadi

Minggu, 29 Oktober 2023 - 00:43 WIB
loading...
7 Keindahan dan Keunikan Hagia Sophia di Istanbul Turki yang Tetap Abadi
Hagia Sophia tetap menjadi simbol keindahan dan kemegahan masa lalu yang tetap dipuja pada masa kini. Foto/Sindonews/syarifudin
A A A
ISTANBUL - Hagia Sophia adalah situs warisan dunia yang megah di Istanbul, Turki. Bangunan itu adalah salah satu tujuan wisata yang paling mengesankan dan bersejarah di dunia.

Gedung megah ini memiliki keindahan arsitektur yang tak tertandingi dan keunikan sejarah yang mendalam.

Sindonews secara langsung mengunjungi Hagia Sophia atas undangan Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Turki (TGA) Kementerian Budaya dan Pariwisata Turki, serta Turkish Airlines.

Hagia Sophia terletak di samping Masjid Biru. Dua bangunan itu memang terletak bersebelahan dan hanya berjarak beberapa menit berjalan kaki.

Kedua masjid seakan pasangan serasi yang sama megahnya. Nah, setelah sebelumnya kita mengagumi Masjid Biru, berikut ini berbagai keindahan dan keunikan yang dimiliki Hagia Sophia.

1. Kubah dan Arsitektur Megah


Salah satu ciri paling mengesankan dari Hagia Sophia adalah kubahnya yang megah. Dibangun dengan luar biasa pada abad ke-6, kubah ini adalah salah satu prestasi teknik terbesar pada zamannya.

7 Keindahan dan Keunikan Hagia Sophia di Istanbul Turki yang Tetap Abadi


Kubah ini memiliki diameter sekitar 31 meter, tinggi 56 meter, dan menciptakan efek visual yang luar biasa. Di dalamnya, kubah dihiasi dengan mosaik, marmer, dan ornamen yang memukau.

Kekaguman datang dari perpaduan arsitektur Bizantium, Romawi, dan Islam yang menggabungkan unsur-unsur yang unik dalam satu bangunan.

Kubah ini terbuat dari batu bata dan dilapisi oleh marmer. Kedua material ini sangat kuat dan tahan lama. Kubah ini ditopang oleh empat pilar besar yang terletak di tengah-tengah bangunan.

Keindahan dan kemegahan kubah Hagia Sophia dapat dilihat dari berbagai sudut. Dari dalam masjid, kubah ini tampak begitu besar dan megah. Cahaya matahari yang masuk melalui jendela-jendela di bawah kubah ini membuat suasana di dalam masjid menjadi sangat cerah dan damai.

Dari luar masjid, kubah ini tampak begitu kokoh dan menjulang tinggi. Kubah ini menjadi simbol dari kekuatan dan kemegahan Hagia Sophia.

Kubah Hagia Sophia berbentuk bulat sempurna tanpa ada penyangga di tengahnya. Hal ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa pada masa itu.

Kubah ini terletak di tengah-tengah bangunan. Hal ini membuat kubah ini menjadi pusat perhatian dari seluruh ruangan.

Kubah Hagia Sophia merupakan salah satu karya arsitektur yang paling menakjubkan di dunia. Kubah ini telah menjadi simbol dari Istanbul dan Turki selama berabad-abad.

2. Mosaik Kekristenan dan Islam


Hagia Sophia mencerminkan perjalanan sejarah yang panjang. Ketika diubah menjadi masjid pada tahun 1453, sebagian besar mosaik Kristen ditutup atau dihapus, tetapi beberapa tetap tersembunyi di bawah lapisan cat dan plesteran.

7 Keindahan dan Keunikan Hagia Sophia di Istanbul Turki yang Tetap Abadi


Selama pemugaran modern, mosaik-mosaik ini kembali terungkap, menghadirkan potongan-potongan seni Kristen yang indah kepada pengunjung hingga sekarang.

Hagia Sophia memiliki banyak mosaik yang indah dan rumit. Mozaik-mosaik ini dibuat dengan potongan-potongan kecil kaca atau batu yang ditata untuk membentuk gambar.

Mozaik di Hagia Sophia menggambarkan berbagai tema, termasuk agama, sejarah, dan mitologi.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)