Ganjar Pranowo Ingatkan Pemuda Berperan Penting Wujudkan Indonesia Emas 2045

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 16:21 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Ingatkan Pemuda Berperan Penting Wujudkan Indonesia Emas 2045
Calon Presiden Ganjar Pranowo. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo mengaku bangga dengan pemuda Indonesia. Hal itu ia ungkapkan kala merayakan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati tanggal 28 Oktober setiap tahun.

Dalam perayaan ini, Ganjar menyampaikan pandangannya mengenai peran penting pemuda sebagai tonggak dalam mencapai target Indonesia Emas 2045. Dalam pandangannya itu, ia mengangkat pesan yang pernah disampaikan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno, yang menyatakan pentingnya peran pemuda.

Menurut Ganjar, Soekarno pernah mengatakan bahwa dengan 1.000 orang tua, dia bisa memindahkan Gunung Semeru, tetapi dengan hanya 10 pemuda, dia bisa mengguncangkan dunia. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran pemuda dalam membangun masa depan bangsa.

“Dahulu Bung Karno pernah bilang, berikan saya 1.000 orang tua akan kucabut Gunung Semeru, tapi Bung Karno juga bilang, beri saya 10 pemuda maka akan kuguncangkan dunia,” kata Ganjar Pranowo usai dirinya hadir menjadi pembicara pada acara Future Heroes “Exceed & Excel Together”, Sabtu (28/10/2023).

Di Hari Sumpah Pemuda ini, Ganjar juga menilai bahwa saat ini pemuda Indonesia telah meraih prestasi di berbagai bidang, baik dalam olahraga, sains, seni budaya, maupun sektor tenaga kerja yang digunakan oleh banyak negara. Ganjar menekankan bahwa prestasi ini tidak boleh berhenti di situ saja.

Dia berpendapat bahwa perlu ada pembaharuan dan peningkatan kompetensi bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia agar mereka terus berkontribusi dalam membangun Indonesia di masa mendatang. Menurut Ganjar, saat ini adalah momentum yang tepat untuk membangkitkan semangat pemuda dan pemudi Indonesia agar mereka dapat terus menunjukkan kualitasnya.

"Hari ini sudah banyak pemuda Indonesia yang sudah mengguncang dunia, mereka punya talenta hebat, ilmu pengetahuan, seni budaya, olahraga, sains, termasuk ekonomi kreatif. Rasanya inilah momentum yang bisa dibangkitkan agar pemuda pemudi kita menunjukkan kualitasnya," tutur mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode itu.

Dalam melihat pentingnya meningkatkan kualitas pemuda Indonesia sebetulnya bisa juga dilihat dari perspektif demografi. Ganjar mencermati bahwa proyeksi pertumbuhan penduduk Indonesia akan terus meningkat. Kelompok pemuda akan mendominasi populasi pada tahun 2030.



Oleh sebab itu, di Hari Sumpah Pemuda, ia menegaskan bahwa jika bonus demografi tidak dimanfaatkan dengan baik, dapat menghadirkan berbagai tantangan ekonomi dan sosial. Ganjar mengingatkan tentang potensi terjebak dalam middle-income trap jika pendapatan per kapita tidak mengalami peningkatan yang cukup.

"Kalau kita gagal memanfaatkan bonus demografi, ada malapetaka bonus demografi. Kita hanya terjebak dalam middle income trap, pendapatan per kapita tidak naik-naik," ujar calon presiden yang didukung Partai Perindo itu.

Dalam konteks ini, Ganjar mengaku bangga dengan pemuda Indonesia namun di hari Sumpah Pemuda ini. Dia juga menekankan pentingnya mempersiapkan pemuda Indonesia untuk menjadi SDM yang lebih andal dan berkompeten agar dapat memberikan kontribusi maksimal dalam memajukan bangsa dan menghadapi tantangan masa depan.

Hal tersebut selaras dengan komitmen Ganjar Pranowo yang tertuang dalam dokumen visi misi Ganjar-Mahfud. Keduanya ingin mengeluarkan Indonesia dari "Middle Income Trap" dan meningkatkan kualitas SDM.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)