Ini Bahaya jika Tubuh Kekurangan Vitamin B12, Mudah Lupa hingga Anemia

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 09:00 WIB
loading...
Ini Bahaya jika Tubuh Kekurangan Vitamin B12, Mudah Lupa hingga Anemia
Kekurangan vitamin B12 sangat berbahaya. Sayang, hal itu masih jarang diketahui banyak orang. Foto/ times of india.
A A A
JAKARTA - Kekurangan vitamin B12 sangat berbahaya. Sayang, hal itu masih jarang diketahui banyak orang.

Sementara, seperti diketahui, vitamin yang perlu dikonsumsi adalah Vitamin C. Ini karena dapat membantu tingkatkan daya tahan tubuh. Namun, sebenarnya Vitamin B12 juga tidak kalah penting.

Mengutip Times of India, vitamin B12 sangat penting untuk beberapa fungsi tubuh. Vitamin B12 memainkan peran sentral dalam pembentukan sel darah merah, membantu transportasi oksigen dan mencegah anemia.



Selain itu, vitamin B12 penting untuk kesehatan saraf karena mendukung produksi mielin, memastikan transmisi sinyal saraf yang efisien. B12 juga penting untuk kesehatan tulang dan perkembangan janin selama kehamilan.

Lalu, bagaimana jika tubuh kita kekurangan vitamin B12 ? Simak rangkuman informasi dari Times of India, Kamis (26/10/2023).

1. Lidah bengkak

Vitamin B12 diperlukan untuk menjaga kesehatan mukosa mulut dan meningkatkan pertumbuhan sel normal. Jika tidak ada, selaput lendir di mulut menjadi meradang dan lidah membesar sehingga menyebabkan ketidaknyamanan dan kesulitan dalam berbicara dan makan.

Untuk itu, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan lidah bengkak, merah, dan nyeri, suatu kondisi yang disebut glositis.

2. Anemia

Tingkat B12 yang cukup sangat penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat, memastikan transportasi oksigen yang efisien.

Selain itu, vitamin B12 sangat penting untuk mencegah jenis anemia tertentu yang dikenal sebagai anemia megaloblastik atau anemia pernisiosa.

Ketika kadar B12 tidak mencukupi, sel menjadi lebih besar dan kurang berfungsi, menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah secara keseluruhan. Hal ini menyebabkan anemia megaloblastik. Keadaan ini ditandai dengan kelelahan, kelemahan, dan kulit pucat.

3. Sensasi kesemutan pada jari tangan dan kaki

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan sensasi kesemutan pada tangan dan kaki yang dikenal dengan neuropati perifer. Hal ini lantaran vitamin B12 memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sel-sel saraf dan selubung mielin yang menyekatnya.

Ketika kadar vitamin B12 rendah, saraf ini bisa rusak, menyebabkan sensasi tidak normal seperti kesemutan, mati rasa, dan kelemahan pada kaki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)