Sejarah dan Asal-usul Ciamis, Punya Julukan Kota Manis

Rabu, 25 Oktober 2023 - 10:37 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Ciamis, Punya Julukan Kota Manis
Alun-alun Ciamis. Foto/Instagram @exploreciamis
A A A
JAKARTA - Ciamis merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat , Indonesia. Salah satu julukan untuk Ciamis adalah Kota Manis.

Hal ini berasal dari nama Ciamis dalam bahasa Sunda yang artinya air manis. Julukan Kota Manis juga menggambarkan penduduk yang ramah dan sangat toleran.

Kabupaten Ciamis ternyata memiliki sejarah yang panjang. Mulai dari Kerajaan Galuh hingga menjadi bagian dari Republik Indonesia. Berikut ulasan sejarah dan asal-usul dari Kabupaten Ciamis.

Sejarah dan Asal-usul Kabupaten Ciamis


Dalam sejarahnya, pusat Kerajaan Galuh terletak di sekitar Kawali (Kabupaten Ciamis Sekarang). Menurut naskah-naskah kelompok pertama, berdirinya Galuh sebagai kerajaan tidak terlepas dari tokoh Ratu Galuh yang bernama ratu pertama.



Pada masa pemerintahan kerajaan, Kerajaan Galuh pernah melakukan peperangan dengan Kerajaan Majapahit. Peperangan tersebut bermula ketika putri dari Prabu Maharaja Linggabuanawisesa ingin diperistri oleh Prabu Hayam Wuruk.

Raja Sunda tersebut tidak menerima sikap arogan Majapahit dan memilih berperang hingga gugur dalam peperangan di Bubak atau Bubat. Putranya yang bernama Prabu Niskala Wastu Kancana (1371-1475) kala itu masih kecil.

Kerajaan pun kemudian dipegang oleh Hyang Bunisora Suradipati (1357-1371) hingga akhirnya diserahkan kepada Niskala Wastu Kancana ketika sudah dewasa.

Kemudian pada tahun 1595, Kerajaan Galuh jatuh ke tangan Senopati dari Mataram. Hal tersebut bisa terjadi karena invasi Mataram ke Galuh semakin diperkuat pada masa Sultan Agung.

Penguasa Galuh, yang kala itu dipimpin oleh Adipati Panaekan, diangkat menjadi Wedana Mataram dan cacah sebanyak 960 orang. Ketika Mataram merencanakan serangan terhadap VOC di Batavia pada tahun 1628, massa Mataram di Priangan bersilang pendapat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)