Partisipasi Pemilih Simulasi Pemilu Capai 86% di Tangerang

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 22:33 WIB
Partisipasi Pemilih Simulasi Pemilu Capai 86% di Tangerang
Partisipasi Pemilih Simulasi Pemilu Capai 86% di Tangerang
A A A
JAKARTA - Animo masyarakat untuk ikut dalam simulasi pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 cukup tinggi. Hal itu tergambar dari angka partisipasi pemilih yang hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mencapai 86%.

Berdasarkan laporan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) simulasi pemungutan dan penghitungan suara diketahui dari 500 pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT), 436 pemilih memberikan hak suaranya, terdiri atas 429 pemilih dalam DPT, 6 pemilih menggunakan e-KTP dan 1 orang pemilih pindahan menggunakan formulir A5.

Ketua KPU Arief Budiman menyambut baik tingginya partisipasi pemilih dalam kegiatan simulasi kali ini. Tingginya partisipasi membantu penyelenggara pemilu dalam menyusun aturan dan antisipasi gangguan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara di 2019 nanti.

"Tentu tingginya partisipasi baik, sehingga membantu KPU dalam mendapatkan informasi mengenai desain surat suara, kotak suara," ujar Arief disela pemantauan simulasi Pemilu 2019 di Desa Sindang Sono, Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017).

Arief mengatakan, tujuan dari simulasi sendiri adalah untuk mendapatkan gambaran dan kondisi nyata pemilihan umum serentak nanti. Terlebih KPU dalam waktu dekat akan mengonsultasikan peraturan KPU (PKPU).

Seperti diketahui KPU menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019. Pada kegiatan itu selain memilih lima surat suara pemilu DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD kab/kota dan presiden, KPU juga mengujicoba penggunaan kotak suara transparan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8609 seconds (0.1#10.140)