Ikut Simulasi Pemilu, Bupati Tangerang Keluhkan Ukuran Surat Suara

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 18:13 WIB
Ikut Simulasi Pemilu, Bupati Tangerang Keluhkan Ukuran Surat Suara
Ikut Simulasi Pemilu, Bupati Tangerang Keluhkan Ukuran Surat Suara
A A A
TANGERANG - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar ikut dalam proses simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Desa Sindang Sono, Sindang Jaya Kabupaten Tangerang.

Datang sebagai pemilih pindahan, Zaki mengeluhkan ukuran dan banyaknya surat suara sehingga berdampak pada lamanya waktu yang dibutuhkan pemilih selama memberikan hak suaranya di TPS.

"Kan surat suaranya besar terutama pemilu legislatif (pileg), jadi butuh waktu," ujar Zaki usai melakukan pencoblosan, Sabtu (19/8/2017).

Zaki memperkirakan kesulitan yang sama juga akan dirasakan pemilih lainnya dihari pemungutan suara nanti. Dia menyarankan, agar KPU lebih mengintensifkan jenis surat suara yang akan digunakan nanti agar bisa dipahami masyarakat.

"Karena tadi kita lihat berapa partai yang ada, anggota legislatif berapa. Dengan semakin banyaknya partai semakin sulit lipatan kertasnya," tambah Zaki.

Terkait penggunaan kotak suara transparan, Zaki menyambut baik terobosan yang diamanatkan oleh Undang-undang (UU) tersebut. Dia hanya menyarankan agar kotak suara transparan nanti akan menggunakan berbahan plastik. "Kan ada yang karton juga, tapi kami harap kalau mau transparan ya dari plastik saja," kata Zaki.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5067 seconds (0.1#10.140)