Kisah Gajah Mada Perluas Kekuasaan Majapahit dengan Menaklukkan Pulau Bali

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 07:48 WIB
loading...
Kisah Gajah Mada Perluas Kekuasaan Majapahit dengan Menaklukkan Pulau Bali
Sosok Mahapatih Gajah Mada, hasil pecintraan artificial intelligence (AI) yang diunggah akun Instagram @ainusantara.
A A A
Kerajaan Majapahit dikisahkan menyerang Bali di bawah pimpinan Arya Damar. Tetapi dibalik itu strategi Gajah Mada sang mahapatih juga berkat strateginya. Gajah Mada dibuat seolah tak terlihat langsung memimpin pasukan perang Majapahit.

Gajah Mada memberi tugas Arya Damar dan pasukannya untuk memusnahkan Bali. Penaklukan Bali menjadi bagian dari misi Majapahit memperluas kekuasaan, usai Sumpah Palapa, diucapkan sang mahapatih Gajah Mada.

Sebagaimana dikisahkan pada buku “Gajah Mada Sistem Politik dan Kepemimpinan” dari Enung Nurhayati, peristiwa ini juga dikisahkan pada Kakawin Gajah Mada pada pupuh 54.4-5.



Dikisahkan pasukan Majapahit yang berjumlah 15 ribu ini pernah menyerang Bali dari arah utara yang dipimpin Arya Damar.

Namun penunjukan Arya Damar ini justru disebut Arya Damar sebagai cara menjerumuskan dirinya dan bala tentaranya, untuk menghadapi musuh besar di medan perang.

Tuduhan ini muncul bila Gajah Mada yang telah mengatur taktik perang di Mimba, dengan menyalakan api dan asap menggumpal, yang artinya tandanya penyerangan dimulai.Arya Damar sebagai pemimpin perang Majapahit di kubu Jimbaran, harus menyerang musuh.

Arya Damar juga menuduh Gajah Mada yang berkubu di Mimba sama sekali tidak membuat peperangan, sementara di Jimbaran berjuang keras dan ia banyak kehilangan anak buahnya.



Mendapat tuduhan itu Gajah Mada mengelak, Gajah Mada menyebut menyalakan api untuk membakar semangat bala tentara Jawa dalam menghadapi musuh.

Perjuangan Arya Damar ini pun sebenarnya membuahkan hasil. Nama Arya Damar pun tercatat harum di dalam sejarah Majapahit, telah memenangi peperangan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)