Atasi Macet di Tol Cikampek, Jasa Marga Sarankan Pembatasan Operasional Truk

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:29 WIB
Atasi Macet di Tol Cikampek, Jasa Marga Sarankan Pembatasan Operasional Truk
Atasi Macet di Tol Cikampek, Jasa Marga Sarankan Pembatasan Operasional Truk
A A A
JAKARTA - Jasa Marga terus melakukan koordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Kepolisian dalam mengatasi kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Mengenai rencana pemberlakukan ganjil genap, Jasa Marga lebih menyarankan untuk pembatasan waktu operasional truk pengangkut logistik.

Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, saat ini Jasa Marga telah membangun posko monitoring kepadatan lalu lintas Jalan Tol Japek di Simpang Susun Cikunir.

"Posko dapat memonitor kondisi jalan tol terus menerus dan menjadi sentral komunikasi serta mensinkronkan upaya penanganan kepadatan antara proyek-proyek infrastruktur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Heru kepada wartawan, Kamis (17/8/2017).

Hal ini, kata Heru, juga didukung oleh konsultan manajemen konstruksi yang menyelaraskan semua kegiatan proyek di Jalan Tol Jakarta-Cikampek agar dapat meminimalkan dampak kepadatan.

"Pembatasan kendaraan pribadi berdasarkan pelat kendaraan ganjil genap merupakan salah satu alternatif solusi," lanjutnya.

Terkait hal ini, Jasa Marga, BPJT dan BPTJ sepakat pembatasan waktu operasional truk angkutan logistik menjadi strategi prioritas untuk diimplementasikan dalam mengatasi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Jasa Marga saat ini sedang menyusun detail implementasi sebagai bahan masukan untuk Pemerintah, sebelum ditetapkan dalam regulasi oleh Kementerian Perhubungan," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0655 seconds (0.1#10.140)