Penuh Misteri, Kuil di India Melawan Hukum Gravitasi

Rabu, 18 Oktober 2023 - 11:33 WIB
loading...
Penuh Misteri, Kuil di India Melawan Hukum Gravitasi
Kuil Veerbhadra di India bentuknya melawan hukum gravitasi bumi. (Foto: Hindu Temples India)
A A A
INDIA - Di jantung kota Lepakshi, Andhra Pradesh, India terdapat kuil misterius. Fenomena keajaiban arsitektur India kuno terlihat membingungkan para sejarawan dan arsitek karena bentuknya melawan hukum gravitasi bumi .

Kuil Veerbhadra, nama bangunan unik itu kini menjadi fokus baru dalam studi sejarah dan arsitektur. Lantaran bentuknya menimbulkan beberapa pertanyaan tentang metode dan maksud di balik pembangunannya yang tidak konvensional.

Letak kuil di desa bersejarah Lepakshi memang tepat. Desa ini terkenal dengan kekayaan mural kuno, patung, dan keajaiban arkeologi yang berasal dari abad ke-16. Di antara banyak fitur menariknya, kuik misteriusbini memiliki pilar gantung yang tampaknya menentang hukum gravitasi.

Penuh Misteri, Kuil di India Melawan Hukum Gravitasi


Pilarnya tidak utuh bertumpu pada tanah, sehingga pengunjung dapat menyelipkan selembar kain di bawahnya. Mereka kagum dengan anomali arsitektur ini. Detail dari konstruksi pilar ini masih diselimuti misteri, sehingga mengundang eksplorasi lebih lanjut terhadap keajaiban arsitektur ini.


Teori dan legenda seputar pilar melayang

Beberapa teori telah muncul menjelaskan struktur aneh ini. Beberapa orang berpendapat bahwa pilar tersebut sengaja dibangun dengan cara ini untuk menunjukan keterampilan arsitektur canggih pembangunannya dan stabilitas candi meskipun pilarnya melayang.

Dilansir dari Ancient Origins, Rabu (18/10/2023), legenda lokal menawarkan penjelasannya sendiri. Salah satu kisah dari pilar tersebut menyatakan bahwa pilar tersebut dibangun oleh kekuatan surgawi agar ditunjukkan kepada dunia fana.

Penuh Misteri, Kuil di India Melawan Hukum Gravitasi




Legenda ini juga menceritakan tentang seorang insinyur dari Inggris yang berusaha mengungkap rahasia di balik sistem pendukung pilar. Namun, sang insinyur mendapati dirinya tidak mampu memecahkan misteri tersebut, yang semakin memperkuat sifat misteriusnya.

MG/Athaya Ramadhan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2450 seconds (0.1#10.140)