Bareskrim Sebut 3 Polda Ini Rawan Kejahatan

Rabu, 09 Agustus 2017 - 17:15 WIB
Bareskrim Sebut 3 Polda Ini Rawan Kejahatan
Bareskrim Sebut 3 Polda Ini Rawan Kejahatan
A A A
JAKARTA - Bareskrim Polri menyebut kasus kejahatan selama dua bulan terakhir jumlahnya menurun. Hal ini berdasarkan analisa dan evaluasi tindak kejahatan kepolisian.

"Pada bulan Mei tahun ini telah terjadi 29.009 jumlah kejahatan, sementara pada Juni terjadi 24.096 jumlah kejahatan di seluruh Indonesia. Artinya terjadi penurunan angka kriminalitas. Khusus Juli, masih dalam penghitungan," ujar Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto di Jakarta, Rabu (09/08/2017).

Menurut dia, dari serangkaian kasus tersebut pihaknya merinci ada tiga peristiwa pelanggaran hukum yang paling sering terjadi di Indonesia. Pertama kejahatan konvensional, kedua transnasional, dan ketiga kejahatan kekayaan negara.

Ari menjelaskan, berdasarkan analisa dan evaluasi tindak kejahatan juga tercatat ada tiga Polda yang memiliki kerawanan tinggi selama Mei-Juni 2017. ‎"Polda yang kerawanannya tinggi masing-masing Sumatera Utara, Jawa Timur dan Jawa Barat. Sementara wilayah yang tercatat cukup kondusif yakni Bangka-Belitung, Maluku dan Kalimantan Tengah," ungkap jenderal bintang tiga ini.

Dia menambahkan, bahwa pencapaian tersebut justru bukan ukuran yang sebenarnya. Masih ada target lain yang kata Dono juga menjadi penting. ‎

"Pengungkapan memang sudah, tapi target lainnya yang masih perlu peningkatan adalah pelayanan dalam penyelesaian perkara. Jiwa melayani jangan sekadar retorika saja. Penerapannya mulai sekarang. Penilaiannya pasti bakal saya ketahui langsung dari masyarakat. Jadi, saya bukan sekadar terima lalu baca laporan di atas kertas saja," tegas Ari.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6398 seconds (0.1#10.140)