5 Amalan yang Menyelamatkan dari Fitnah Dajjal

Rabu, 18 Oktober 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Amalan yang Menyelamatkan dari Fitnah Dajjal
Dajjal merupakan ujian paling berat dihadapi manusia di akhir zaman sehingga semua Nabi mengingatkan sosok pendusta yang satu ini. Foto ilustrasi/ist
A A A
Amalan yang menyelamatkan dari fitnah Dajjal penting diketahui dan diamalkan umat Islam. Seperti dikabarkan dan Hadis Nubuwah, Dajjal merupakan ujian paling dahsyat yang akan dihadapi umat manusia di akhir zaman sehingga semua Nabi mengingatkan sosok pendusta yang satu ini.

Di antara fitnah Dajjal yang masyhur, ia dapat menyesatkan manusia dengan membawa surga dan neraka. Ia dapat berbuat apa saja untuk memperdayai manusia. Dajjal baru tak berkutik saat berhadapan dengan Isa bin Maryam (Nabi Isa 'alaihissalam) yang Allah kembalikan ke dunia untuk membunuhnya di Kota Lod.

Berikut lima amalan yang dapat menyelamatkan umat muslim dari fitnah Dajjal di akhir zaman, dilansir dari kajian Ustaz Zulkifli Muhammad Ali (UZMA).

1. Memasuki Makkah Madinah dan Masjid Al-Aqsha
Ada empat tempat di muka bumi yang tidak dapat dimasuki Dajjal. Ketika umat muslim memasuki empat tempat ini, maka ia akan selamat dari fitnah Dajjal. Berikut sabda Nabi ﷺ:

لاَ يَأْتِى أَرْبَعَةَ مَسَاجِدَ الْكَعْبَةَ وَمَسْجِدَ الرَّسُولِ والْمَسْجِدَ الأَقْصَى وَالطُّورَ

Artinya: "Dajjal tidak akan memasuki empat masjid: Masjid Ka'bah (Masjidil Haram Makkah), Masjid Rasul (Masjid Nabawi Madinah), Masjid Al-Aqsha' (Palestina), dan Masjid Ath-Thur." (HR Ahmad 5/364)

2. Menghafal 10 Ayat Awal Surat Al-Kahfi Atau 10 Ayat Terakhirnya
Amalan kedua yang dapat menyelamatkan seseorang dari fitnah Dajjal adalah menghafal 10 ayat pertama Surat Al-Kahfi, sebagaimana bunyi Hadis berikut. Dari Abu Darda' radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal." (HR Muslim 809). Dalam riwayat lain disebutkan: "Dari akhir Surat Al-Kahfi." (HR Muslim 809)

3. Lari ke Gunung-gunung untuk Menjauhi Dajjal
Amalan lain yang dapat dilakukan umat muslim agar selamat dari fitnah Dajjal yaitu lari ke gunung-gunung. Dari Ummu Syariik radhiyallahu 'anha, beliau berkata, "Aku pernah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda:

لَـيَفِرَنَّ النَّـاسُ مِنَ الدَّجَّـالِ فِى الْجِـبَالِ

Artinya: "Hendaklah orang-orang lari ke gunung-gunung (untuk mrnghindar) dari Dajjal." (HR Muslim)

4. Meludahi Wajah Dajjal Apabila Bertemu
Dari Abu Umamah berkata, Rasulullah ﷺ membicarakan tentang Dajjal. Beliau bersabda: "Siapa di antara kalian berjumpa dengannya, hendaknya ia meludahi wajahnya." (HR ath-Thabrani)

5. Membaca Doa Ini Ketika Tasyahud Akhir Sebelum Salam
Selain 10 ayat dari Surat Al-Kahfi, berikut doa yang dapat dibaca agar diselamatkan dari fitnah Dajjal. Doa ini dibaca ketika Tasyahud Akhir sebelum Salam. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni a'uudzubika min 'adzabi jahannama wa min adzabil qabri wa min fitnatil mahya wal mamaati, wa min syarri fitnatil masiihid Dajjal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari azab jahannam, dari fitnah kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah al-Masih ad-Dajjal." (HR Muslim)

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)