Diskriminasi terhadap Penyandang Disabilitas Masalah Serius yang Harus Segera Diatasi

Selasa, 17 Oktober 2023 - 15:42 WIB
loading...
Diskriminasi terhadap Penyandang Disabilitas Masalah Serius yang Harus Segera Diatasi
Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Diskriminasi terhadap penyandang disabilitas adalah masalah serius yang masih menghantui masyarakat Indonesia. Meskipun upaya telah dilakukan untuk meningkatkan inklusi dan hak asasi manusia bagi mereka yang memiliki berbagai tingkat disabilitas, masih banyak tantangan yang perlu diatasi.

Artikel ini akan membahas bentuk diskriminasi yang sering dialami individu dengan empat tingkatan disabilitas di Indonesia dan upaya-upaya yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini.

Diskriminasi terhadap individu dengan disabilitas bisa terjadi dalam beragam bentuk dan pada berbagai tingkat, mulai dari tingkat keluarga, masyarakat, perusahaan, hingga negara berdasarkan Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU) dalam buku “Fiqih Penguatan Penyandang Disabilitas”:

1. Tingkat Keluarga

Diskriminasi bisa muncul dari berbagai anggota keluarga, seperti pasangan, orang tua, anak, saudara, dan kerabat. Diskriminasi ini terjadi ketika anggota keluarga merasa malu memiliki anak atau keluarga yang lahir dengan kondisi yang berbeda dari anak-anak pada umumnya.

Banyak keluarga yang kesulitan menerima anggota keluarganya yang memiliki disabilitas. Sikap ini tentu saja dapat mengurangi semangat dan rasa percaya diri individu dengan disabilitas dalam mencari pekerjaan.

Keluarga mungkin merasa bahwa individu dengan disabilitas tidak mampu melakukan apa-apa dan hanya bisa bergantung pada orang lain. Padahal, mereka adalah manusia yang memiliki bakat dan potensi unik. Keluarga seharusnya memberikan dukungan yang kuat agar individu dengan disabilitas dapat hidup dengan semangat dan keyakinan dalam menghadapi kehidupan.

2. Tingkat perusahaan

Diskriminasi muncul ketika perusahaan tidak menyediakan lapangan kerja atau kesempatan kerja bagi individu dengan disabilitas. Perusahaan sering kali enggan menerima karyawan yang memiliki keterbatasan fisik.

Individu dengan disabilitas mungkin menghadapi kesulitan untuk naik pangkat atau mendapatkan promosi dalam perusahaan. Ini bisa disebabkan oleh prasangka atau kurangnya dukungan untuk pengembangan keterampilan dan karier mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4776 seconds (0.1#10.140)