PT KCJ Uji Coba Garis Menunggu KRL untuk Tertib Penumpang

Kamis, 03 Agustus 2017 - 06:10 WIB
PT KCJ Uji Coba Garis Menunggu KRL untuk Tertib Penumpang
PT KCJ Uji Coba Garis Menunggu KRL untuk Tertib Penumpang
A A A
JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) terus melakukan upaya mengatur arus keluar masuk penumpang kereta di sejumlah stasiun di Jabodetabek hingga Banten. Termasuk agar para penumpang dapat tertib saat akan naik KRL Commuter Line.

‎Upaya yang kini dilakukan untuk tertib penumpang yakni, membuat garis menunggu kereta di dua stasiun, yakni Juanda dan Jakarta Kota. Garis berwarna kuning, itu berada di pinggir peron dekat rel kereta. Garis itu kemudian menjorok keluar peron.

Petunjuk dalam garis peron nantinya orang harus mengantre sejajar dengan garis. Garis itu nantinya berada di pinggir keluar pintu kereta. Sehingga orang keluar akan memberikan akses untuk turun dari kereta.

Meski demikian, penggunaan garis kuning akan dievaluasi oleh PT KCJ. Wacana akan mengganti garis bakal dilakukan untuk membedakan batas aman peron.

"Ya jadi ini masih uji coba nanti warna garisnya juga mau kita ganti dengan warna lain," ungkap Vice President Coorporate Communication PT KCJ Eva Chairunissa pada Rabu, 2 Agustus 2017 kemarin.

Eva menjelaskan tujuan dibuatnya garis tersbeut untuk efektivitas flow penumpang, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang menyebabkan waktu keluar masuk penumpang semakin lama. "Kan kalau naik turun sama-sama tidak ada yang mau mengalah antara penumpang turun dengan naik," tutur Eva.

Eva memaparkan keberadaan garis baru itu untuk penumpang, karena dengan mengikuti ketentuan tersebut akan mengurangi bahaya seperti penumpang jatuh saat berhimpit-himpitan keluar masuk KRL‎.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4833 seconds (0.1#10.140)