3 Kategori Kelas Kereta Cepat Whoosh, Ini yang Membedakan

Minggu, 15 Oktober 2023 - 19:52 WIB
loading...
3 Kategori Kelas Kereta Cepat Whoosh, Ini yang Membedakan
Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dikabarkan memiliki tiga kategori kelas yakni VIP, Bisnis dan Ekonomi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kereta Cepat Jakarta Bandung ( KCJB ) dikabarkan memiliki tiga kategori kelas yakni VIP, Bisnis dan Ekonomi, di mana ketiga kelas tersebut memiliki fasilitasnya tersendiri. KCJB diketahui memiliki 11 rangkaian kereta penumpang dan satu rangkaian kereta inspeksi. Dari jumlah tersebut delapan diantaranya merupakan gerbong penumpang.

Untuk satu rangkaian kereta cepat Jakarta Bandung ini memiliki total panjang 208 meter. Gerbong untuk penumpang ini diperkirakan akan dapat memuat sekitar 600 penumpang. Ada pula gerbong yang dikhususkan untuk penumpang disabilitas dalam KCJB menurut laporan dari laman KCIC.

Sedangkan tarifnya sendiri masih diperkirakan sekitar Rp250 ribu sampai Rp350 ribu untuk sekali jalan. Namun sampai saat ini masih belum diketahui pasti tentang penetapan harga untuk setiap kelas KCJB. Berikut 3 kategori kereta cepat Whoosh:

1. Kelas VIP

Kelas VIP atau kelas utama di kereta cepat Jakarta Bandung ini bakal jadi kelas unggulan yang punya fasilitas mumpuni. Kelas ini memiliki konfigurasi tempat duduk 2-1, dengan kapasitas penumpang 18 orang. Kursi yang digunakan dalam kelas ini disebutkan akan lebih nyaman dibanding dua kelas dibawahnya. Dengan kapasitas yang sedikit ini, akan ada satu gerbong saja yang diperuntukkan untuk kelas VIP.

2. Kelas Satu

Kedua, ada kelas bisnis atau kelas satu yang juga hanya ada di satu gerbong sama seperti kelas VIP. Namun kapasitas untuk kelas ini lebih banyak yakni dapat memuat 28 penumpang. Untuk konfigurasi kursinya kelas ini menggunakan 2-2, karena itulah dapat menampung penumpang yang lebih banyak dari kelas utama.

3. Kelas Dua

Terakhir, ada kelas dua yang dapat dikatakan sebagai kelas ekonomi eksklusif untuk kereta cepat Jakarta Bandung. Kelas ini nantinya akan jadi yang punya kapasitas penumpang terbanyak dengan 555 penumpang. Hal itu dikarenakan konfigurasi kursi 2-3 yang diusung.

Terlepas dari itu, gerbong untuk kelas ini juga paling banyak yakni dari kereta dua sampai tujuh. Sementara untuk kelas VIP dan Bisnis nantinya akan ditempatkan di kereta 1 dan 8. Fasilitas penunjang yang tersedia di setiap kelas akan ada televisi, meja lipat, stop kontak dan toilet. Terdapat pula mini bar bagi penumpang yang ingin membeli makanan ringan dan minuman dingin maupun panas.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)