Benarkah Konsumsi Nasi yang Sudah Dingin Lebih Sehat?

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 22:19 WIB
loading...
Benarkah Konsumsi Nasi yang Sudah Dingin Lebih Sehat?
Nasi yang didinginkan sangat cocok untuk seseorang yang sedang mengontrol berat badan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Tak heran, sehari-hari masyarakat selalu makan nasi. Bahkan beberapa orang merasa belum makan kalau belum makan nasi.

Nasi paling enak dinikmati dengan berbagai macam lauk pauk. Meski nasi mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, namun nasi juga mengandung glukosa. Terlebih nasi putih yang masih panas.

Maka itu, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi nasi dingin karena dianggap lebih sehat. Benarkah demikian?



Dokter Spesialis Gizi dr Metta Satyani mengatakan, sudah ada penelitian yang menyebut bahwa nasi yang didinginkan lebih sehat. Hal itu karena nasi dingin membentuk kandungan pati resisten yang lebih tinggi.

“Kalau pati resisten tinggi akhirnya untuk dipecah menjadi glukosa akan lebih susah oleh tubuh, akhirnya kontrol gula darahnya lebih baik karena gula darah lebih stabil,” terang dr Metta, seperti dikutip dari akun TikToknya, @mettasatyani, Sabtu (14/10/2023).

Menurut dr Metta, nasi yang didinginkan sangat cocok untuk seseorang yang sedang mengontrol berat badan.

“Nasi dingin juga mengurangi keinginan makan manis dan kalau habis makan nggak gampang lapar lagi. Cocok juga untuk teman-teman dalam kondisi prediabetes dan diabetes,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)