SSA di Depok Bikin Kemacetan Baru, Polisi Sarankan Lewat Jalur Ini

Senin, 31 Juli 2017 - 02:01 WIB
SSA di Depok Bikin Kemacetan Baru, Polisi Sarankan Lewat Jalur Ini
SSA di Depok Bikin Kemacetan Baru, Polisi Sarankan Lewat Jalur Ini
A A A
DEPOK - Uji coba sistem satu arah (SSA) yang diberlakukan Pemkot Depok di Jalan Dewi Sartika belum menyelesaikan masalah kemacetan. Bahkan, saat uji coba SSA tahap awal Sabtu kemarin dan Minggu (30/7/2017), banyak pengendara yang masih bingung. Sebab, kendaraan dari Jalan Siliwangi dan Citayam harus melalui fly over Arief Rahman Hakim terlebih dahulu.

Hal ini menyebabkan kondisi jalan makin padat dan sebagian pengendara kebingungan mencari jalan alternatif. "Masih ada beberapa pengendara yang mau masuk ke Jalan Dewi Sartika maupun Jalan Nusantara yang sekarang sudah satu arah. Untuk mencari jalan alternatif lain masih bingung," ujar Kasat Lantas Polresta Depok, Kompol Sutomo, Minggu (30/7/2017).

Dalam uji coba SSA ini, kata Kompol Sutomo, terdapat puluhan personel gabungan dari Polresta Depok dan Dinas Perhubungan. Petugas berjaga di setiap titik simpul maupun persimpangan ke luar mobil untuk melakukan pengaturan lalu lintas. Agar tidak terjadi kemacetan di satu titik, Kompol Sutomo mengimbau pengendara agar melewati jalur alternatif lain.

Misalnya, pengendara yang datang dari Jalan Dewi Sartika yang hendak berputar ke Beji dapat melalui jalur sejajar rel tembus Jalan Arief Rahman Hakim. "Jika dari arah Sawangan pengendara bisa melewati Jalan Tanah Baru masuk simpang Jemblongan arah Stadion Merpati tembus Jalan Nusantara. Lalu jika dari arah Citayam pengendara dapat melewati Jalan Margonda depan Terminal Depok ambil kiri pertigaan Lamanda lewat fly over Jalan Arief Rahman Hakim bisa tembus Jalan Nusantara," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna tak habis pikir kenapa masih banyak masyarakat yang belum paham terkait adanya uji coba SSA. Padahal pihaknya sudah melakukan sosialisasi sejak awal pekan lalu. "Namun demikian kami akan terus berusaha terus mengatasi kemacetan lalu lintas di ruas jalan tersebut," katanya. (Baca: Depok Uji Coba SSA di Jalan Dewi Sartika, Kemacetan Muncul di Titik Lain )

Pradi menjelaskan, sistem rekayasa lalu lintas ini adalah bagian dari upaya Pemkot Depok bersama dinas terkait untuk mengurai kemacetan sambil menunggu program selanjutnya dari pemerintah pusat terkait pelebaran jalur dan underpass Jalan Dewi Sartika. "Memang masih ada keterbatasan seiring dengan banyaknya jumlah kendaraan. Tapi kita harus berani mencoba (SSA) agar segera bisa dilakukan evaluasi," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5499 seconds (0.1#10.140)