Owa Siamang Perak Asal Indonesia Baru Melahirkan di Inggris

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 09:57 WIB
loading...
Owa Siamang Perak Asal Indonesia Baru Melahirkan di Inggris
Owa siamang perak Bernama Slamet minggu lalu membikin kejutan setelah melahirkan bayi di Curraghs Wildlife Park, Isle of Man, Inggris. Foto/X (Twitter)
A A A
LONDOM - Owa siamang perak Bernama Slamet minggu lalu membikin kejutan setelah melahirkan bayi di Curraghs Wildlife Park, Isle of Man, Inggris . Dalam akun resmi Instagram, Currgahs Wildlife Park mengatakan bayi owa siamang tersebut membuat Slamet jadi memiliki keluarga besar.

“Hadirnya bayi tersebut membuat keluarga Slamet terdiri dari lima ekor. Saat ini ada sebanyak 52 owa yang kami pelihara. Kehadiran bayi owa kecil ini sangat penting untuk mengatasi ancaman kepunahan," tulis akun Instagram Curraghs Wildlife Park dikutip SINDOnews, Jumat (13/10/2023).

Sampai saat ini Curraghs Wildlife Park memang belum mengetahui jenis kelamin bayi tersebut. Mereka ingin agar Slamet dan bayi barunya menjalin ikatan lebih dulu sebelum pemeriksaan kelamin dilakukan.



“Kami belum memberikan nama pada bayi ini. Namun bisa dilihat ada ikatan yang kuat dari bayi ini karena terus memeluk perut ibunya," tulis akun Instagram Curraghs Wildlife Park lagi.

Keberadaan owa siamang perak saat ini memang mengkhawatirkan. Diketahui owa siamang keperakan cuma bisa ditemukan di Pulau Jawa. Penyebab primata ini terancam punah tak lain karena habitatnya dirusak oleh manusia.

Selain itu, owa siamang keperakan juga berada di bawah ancaman perdagangan hewan peliharaan ilegal, di mana para penjahat membeli dan menjual primata langka ini. "Di alam liar Indonesia, hanya ada sekitar 2.000 owa jenis siamang keperakan," sebut akun X, @TMIHARINI.

Curraghs Wildlife Park sangat fokus untuk meningkatkan populasi owa perak di Indonesia. Mereka bahkan rutin memberikan donasi kepada Javan Primate Conservation Centre yang ada di Indonesia untuk program konservasi dan pelepasan owa perak di pulau Jawa.



“Sebanyak 40 owa siamang keperakan dalam delapan tahun terakhir telah dilepasliarkan dari pusatnya sehingga meningkatkan jumlah mereka di alam liar,” terang Curraghs Wildlife Park.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3149 seconds (0.1#10.140)