Transjabodetabek Summarecon Bekasi-Bundaran HI Resmi Beroperasi

Kamis, 27 Juli 2017 - 22:37 WIB
Transjabodetabek Summarecon Bekasi-Bundaran HI Resmi Beroperasi
Transjabodetabek Summarecon Bekasi-Bundaran HI Resmi Beroperasi
A A A
BEKASI - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan mulai mengoperasikan puluhan armada Transjabodetabek di Kota Bekasi tadi siang. Angkutan massal milik Perum PPD melayani trayek Summarecon Bekasi-Bundaran HI.

Kepala Divisi Humas Perum PPD Arga Narendra mengatakan, sebanyak 30 armada mulai dioperasikan pada Kamis (27/7/2017) dengan rute Summarecon Bekasi ke Bundaran HI. "Transjabodetabek kali ini berbeda dengan yang diluncurkan sebelumnya. Mendapatkan pengawalan dari voorijder. Sehingga, perjalanannya cepat dan tidak terhambat dengan kemacetan.

Untuk itu, lanjut dia, waktu tempuh dari titik pemberangkatan ke lokasi tujuan normalnya bisa mencapai dua jam. Namun, dengan adanya pengawalan khusus bisa dipangkas hingga 70%. "Uji coba pertama waktu tempuh berkurang 50%, target kita berkurang 70%," ujarnya.

Arga mengatakan, Transjabodetabek berbeda dengan Transjakarta dari Bekasi, meskipun sama-sama berangkat dari Summarecon Bekasi. Transjabodetabek rute ini, lanjut dia, setelah keluar tol menggunakan jalur arteri. Namun, Transjakarta masuk ke jalurnya sendiri.

Sementara tahap uji coba sekaligus sosialisasi bagi pengguna angkutan umum belum banyak penumpang yang menggunakan moda transportasi tersebut. Adapun, pemberangkatan saat dioperasikan jumlah penumpang dari Summarecon sebanyak 20 orang.

"Penumpang tidak hanya dari sini, di halte-halte juga menaikkan penumpang," ungkapnya. Sementara belasan armada Transjabodetabek tampak berjejer di kawasan Summarecon Bekasi tepatnya di belakang halte Transjakarta.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, angkutan massal ini merupakan lajur untuk kendaraan dengan okupansi tinggi, kecepatan tinggi, aman, nyaman dan tarif terjangkau seperti angkutan umum bus."Bisa mengurai kemacetan," katanya.

Kehadiran Transjabodetabek ini, kata dia, diyakini bisa mereduksi waktu tempuh sejumlah trayek angkutan umum. Sehingga, akan memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum, dan target Kemenhub dengan 60% angkutan umum pada 2029 dapat tercapai.

Yayan menambahkan, rute ini melalui kerja sama Kemenhub dengan Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD). Rute itu berawal dari kawasan Summarecon Mall Bekasi menuju Bundaran HI."Kami harapkan pengendara pribadi beralih," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6580 seconds (0.1#10.140)