Program Studi Manajemen Ukrida Raih Akreditasi Unggul BAN PT

Kamis, 12 Oktober 2023 - 19:11 WIB
loading...
Program Studi Manajemen Ukrida Raih Akreditasi Unggul BAN PT
Program studi Manajemen Ukrida meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Foto/Ukrida.
A A A
JAKARTA - Program studi Manajemen Universitas Krida Wacana ( Ukrida ) meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi Unggul merupakan peringkat akreditasi tertinggi bagi perguruan tinggi maupun program studi.

Ketua Program Studi Manajemen Ukrida, Dr. Daniel Widjaja mengatakan bahwa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana (FEB Ukrida) telah melakukan proses konversi dari akreditasi A menjadi Unggul pada tahun 2023.

Proses konversi ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap penilaian internal dan tahap penilaian eksternal. Selain itu dia mengatakan, beberapa hal dilakukan oleh Program Studi Manajemen FEB Ukrida untuk meningkatkan kualitasnya dalam mendukung proses konversi dari A menjadi Unggul, yaitu meningkatkan kualitas dosen tetap, meningkatkan kualitas kurikulum, meningkatkan kualitas penjaminan mutu, dan meningkatkan kualitas penelusuran lulusan.

Baca juga: Ini Variasi Putusan Pengadilan Niaga Kepailitan Menurut Guru Besar Baru Untar Gunardi Lie

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Ukrida Dr. Soegeng Wahyoedi selain mengapresiasi pencapaian akreditasi Unggul oleh program studi Manajemen Ukrida juga mengatakan, peringkat akreditasi Program Studi Manajemen yang diperoleh tahun 2020 adalah A dengan menggunakan instrumen 7 standar.

Dengan dikeluarkannya instrumen akreditasi IAPS 4.0 oleh BAN PT menggunakan 9 kriteria, maka peringkat akreditasi ditetapkan menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Program studi yang belum menggunakan IAPS 4.0 dapat melakukan konversi peringkat akreditasi melalui Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Baca juga: Mengenal British International School, Sekolah Elkan Baggott di Indonesia sebelum Pindah ke Inggris dan Masuk Timnas

“Program Studi Manajemen Ukrida mengajukan ISK dan diterima oleh BAN PT, sehingga peringkat akreditasi dikonversi dari A menjadi Unggul. Penyesuaian peringkat ini menaikkan skor akreditasi dari 3,5 (A) menjadi skor 4,0 (Unggul). Skor ini tentunya mendukung upaya Ukrida meraih peringkat akreditasi Unggul tahun mendatang,” katanya, melalui siaran pers, Kamis (12/10/2023).

Sementara itu, Pjs. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ukrida Lambok D.R. Tampubolon juga mengungkapkan berharap prestasi terus diwujudkan dalam peningkatan karya dan kompetensi dosen, serta seluruh pendukung akademik.

“Hasil ini merupakan kerja tim di mana dalam prosesnya memang memerlukan konsentrasi penuh, dan pencapaian ini memperkuat komitmen kami untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui program studi,” demikian Pjs. Dekan FEB Ukrida menambahkan.

Rektor Ukrida, Dr. dr. Wani Devita Gunardi dengan gembira mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Program Studi Manajemen dan FEB, serta mengatakan bahwa pencapaian ini menjadi kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika Ukrida.

Selain itu, Rektor Ukrida juga mengharapkan pencapaian peringkat akreditasi Unggul ini juga diikuti oleh program studi lain di Ukrida. ”Pencapaian akreditasi universitas yang Unggul tidak terlepas dari pencapaian akreditasi program studinya. Harapan ke depan dengan akreditasi Unggul dari Program Studi Manajemen akan mendukung Ukrida mencapai visinya menjadi perguruan tinggi yang Unggul di tahun mendatang,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)