Aktivitas Ganjar di Ponpes Tertua Al Falak Bogor: Ziarah, Tahlil, hingga Doa

Kamis, 12 Oktober 2023 - 13:29 WIB
loading...
Aktivitas Ganjar di Ponpes Tertua Al Falak Bogor: Ziarah, Tahlil, hingga Doa
Capres 2024 Ganjar Pranowo mendatangi Pondok Pesantren Al Falak Pagentongan, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (11/10/2023). Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Capres 2024 Ganjar Pranowo mendatangi Pondok Pesantren Al Falak Pagentongan, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (11/10/2023). Kedatangan Ganjar disambut lantunan hadroh dari para santri Ponpes Al Falak. Mereka antusias menyambut kedatangan mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Saat tiba di Pondok Pesantren Al Falak, Ganjar langsung berziarah dan bertahlil di hadapan makam Mama Falak didampingi Pimpinan Ponpes Al Falak KH Tubagus Agus Fauzan serta para pengasuh dan ustaz.



Ganjar mengaku bahagia karena mendapat kesempatan mengunjungi ponpes tertua di Bogor. “Jadi, ini sejarah pondoknya sudah sangat tua 1800-an di Bogor dan lagi-lagi makin banyak kita bertemu ponpes yang tua selalu ada sejarah perjuangan dari ponpes. Pas kalau kemudian resolusi jihad itu lahir karena banyak kiai punya semangat kebangsaan sangat tinggi,” ujar Ganjar.

Seusai silaturahmi dan berziarah dengan pimpinan Ponpes Al Falak, dia mendapatkan pengetahuan baru perihal sejarah perjuangan kiai dan ulama untuk mendirikan Indonesia.

Menurut Ganjar, pondok pesantren selalu mempunyai kesan baginya baik kesan mengenai ilmu agama maupun perjuangan selalu mencintai Tanah Air.

“Kalau kita cerita hubbul wathon minal iman terlihat betul ketika kita mendapati satu per satu dari cerita sejarah ponpes yang ada itu mengajarkan pada kita di mana pun kita berada, kita mencintai Tanah Air,” kata Ganjar.

“Dari profesi, komunitas, kelompok apa pun yang bisa berkontribusi bersama-sama termasuk dari pondok pesantren,” tambahnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)