Balas Serangan Hamas, Israel Hujani Pemukiman Palestina dengan Senjata Kimia Ini

Rabu, 11 Oktober 2023 - 10:23 WIB
loading...
Balas Serangan Hamas, Israel Hujani Pemukiman Palestina dengan Senjata Kimia Ini
Israel Hujani pemukiman Palestina dengan senjata kimia . FOTO/ DAILY
A A A
GAZA - Israel mulai menggunakan fosfor putih yang dilarang secara internasional dalam pemboman di Jalur Gaza karena terus menargetkan daerah pemukiman padat penduduk di wilayah tersebut.



Laporan saluran berita berbahasa Arab Al-Alam menyebutkan, tentara rezim Zionis telah melepaskan bom fosfor putih ke kawasan pemukiman di Gaza pada Senin dini hari lalu.

Bom fosfor adalah senjata pembakar yang tidak dilarang, namun penggunaannya di wilayah sipil dianggap sebagai kejahatan perang.

Faktanya, penggunaan senjata juga dinilai jelas merupakan pelanggaran hukum internasional.

Bom fosfor merupakan unsur yang paling mudah tersulut ketika berada di udara, selain sulit dipadamkan jika api menyebar dengan cepat.

Merujuk dari pengertiannya, fosfor putih atau white phosphorus adalah sejenis zat kimia yang memiliki efek berbahaya dan mematikan.

Dalam penggunaannya, fosfor putih ini juga kerap dipergunakan dalam berbagai senjata , termasuk bom.

Tak hanya itu, fosfor putih juga bisa digunakan sebagai senjata pembakar, karena zat tersebut sangat mudah terbakar jika terkena sejenis kain, atau benda lainnya yang mudah terbakar.

Dikutip dari Military History Fandom, selain kemampuan ofensifnya, fosfor putih juga bisa menjadi penghasil asap yang efektif. Sehingga cukup umum juga digunakan sebagai granat asap. Dalam sejarahnya, fosfor putih pertama kali digunakan pada pembakaran Fenian sekitar abad ke-19 dalam bentuk larutan karbon disulfida.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)