Mengenal Abdullah, Ayah Rasulullah SAW yang Hampir Disembelih

Kamis, 05 Oktober 2023 - 21:14 WIB
loading...
Mengenal Abdullah, Ayah Rasulullah SAW yang Hampir Disembelih
Asal-usul Abdullah (ayah Rasulullah SAW) dijuluki adz-Dzabih (yang disembelih) berawal dari nazar sang Kakek Abdul Mutholib. Foto ilustrasi Makkah zaman dulu/ist
A A A
Abdullah adalah laki-laki sangat tampan di kalangan kaum Quraisy Makkah. Beliau dijuluki "adz-Dzabih" atau yang disembelih. Bagaimana kisahnya? Simak ulasannya berikut dinukil dari Kitab Syarah Sulam at-Taufik karya Syaikh Nawawi Al-Bantani.

Dikisahkan, Abdul Mutholib (kakek Nabi Muhammad ï·º) yang juga ayah Abdullah pernah bernadzar jika ia memiliki anak 10 (sepuluh) dan menjadi para penerus atau penolongnya, maka ia akan menyembelih salah satu dari mereka. Ketika Allah memberinya 10 anak, Abdul Mutholib lupa dengan nadzarnya.

Pada suatu malam di dekat Ka'bah, Abdul Mutholib tidur dan memimpikan sesosok yang berkata kepadanya, "Hai Abdul Mutholib. Penuhilah nadzarmu." Ia terbangun kaget dan bergemetar karena mimpinya. Tak lama kemudian, ia memerintahkan untuk menyembelih seekor kambing gibas dan mensedekahkannya kepada para fakir dan miskin.

Suatu ketika, ia tidur dan memimpikan sesosok yang berkata kepadanya lagi, "Lakukanlah ritual ibadah yang lebih besar daripada hanya sekadar menyembelih gibas." Kemudian ia menyembelih sapi jantan.

Ia tidur lagi dan memimpikan sesosok yang berkata kepadanya lagi, "Lakukanlah ritual ibadah yang lebih besar daripada hanya menyembelih sapi." Tak lama kemudian, ia menyembelih unta. Dalam tidur berikutnya, ia bermimpi kalau ia diseru, "Lakukanlah ibadah yang lebih besar."

Dalam mimpinya, Abdul Mutholib bertanya, "Apa itu?" Dijawabnya, "Sembelihlah salah satu dari anak-anakmu seperti yang pernah kamu nadzari." Karena mimpi itu, Abdul Mutholib sangat bersedih. ia mengumpulkan semua anak-anaknya dan memberitahu mereka tentang nadzarnya dan mengajak mereka untuk memenuhi nadzar itu.

Mereka berkata, "Kami patuh kepadamu, Ayah. Manakah salah satu di antara kami yang hendak anda sembelih maka kami bersedia." Abdul Mutholib akhirnya mengundi secara acak. Tiba-tiba undian jatuh pada Sayyid Abdullah (ayah Nabi), padahal ia adalah anak yang paling dicintainya.

Setelah itu, ia memegang tangan Abdullah dan bersiap-siap menyembelihnya. Ketika ia telah meletakkan pisau di atas leher Abdullah, orang-orang Quraisy mendatanginya dan bertanya, "Apa yang ingin kamu lakukan?" Ia menjawab, "Aku akan memenuhi nadzarku." Mereka mencegah dan melarangnya dan berkata kepadanya, "Jika kamu menyembelih Abdullah maka orang-orang akan bersedih. Cobalah untuk menemui perempuan si tukang ramal, barangkali ia akan memberikan solusi dan jalan keluarnya."

Mendengar saran itu, Abdul Mutholib segera menemui si tukang ramal di tanah Khoibar. Setelah berhasil menemuinya, Abdul Mutholib menceritakan kisah tentang nadzarnya. Si tukang ramal bertanya, "Berapa denda untuk satu nyawa menurut peraturan yang berlaku di masyarakatmu." Abdul Mutholib menjawab: "10 ekor unta."

Si tukang ramal berkata, "Sekarang, pulanglah ke negerimu dan lakukan undian antara Abdullah dan 10 unta. Jika undian yang keluar adalah Abdullah maka tambahkanlah 10 unta lagi, kemudian undi lagi dan seterusnya sampai kamu rela dengan keputusan Tuhanmu kalau Abdullah memang harus dikorbankan."

Setelah itu, Abdul Mutholib segera pulang dan melakukan pengundian antara Abdullah dan 10 unta seperti yang disarankan oleh si tukang ramal. Undian pertama keluar atas nama Abdullah. Abdul Mutholib mengundi lagi dengan menambahkan 10 unta lagi. Dan lagi-lagi undian yang keluar adalah nama Abdullah hingga akhirnya setelah mencapai 100 unta, baru undian keluar atas nama unta.

Orang-orang yang hadir berkata: "Tuhan telah meridhoimu, Abdul Mutholib."

Tetapi Abdul Mutholib berkata, "Aku belum puas. Aku ingin meyakinkan diriku kalau undian yang keluar memang jatuh pada unta." Kemudian ia mengundi lagi dan lagi dan ternyata undian yang keluar memang jatuh pada unta.

Itulah asal-usul mengapa Abdullah dijuluki adz-Dzabih. Ketika istri Abdullah yakni Aminah, telah mengandung al-Mushthofa ï·º, Abdullah keluar berdagang ke tanah Syam. Kemudian ia pulang. Dan sesampainya di Madinah, ia jatuh sakit. Akhirnya ia bermukim disana bersama saudara-saudara istrinya, Bani Adi bin Najar. Namun, tidak lama kemudian, Abdullah wafat dan dikuburkan di Desa Nabighoh. Menurut satu pendapat, di Desa Abwak. Abdullah meninggal dunia dalam usia 25 tahun, menurut satu pendapat 28 tahun, atau 30 tahun.

Nasab Nabi Muhammad ï·º
Umat Islam perlu mengetahui nasab Nabi Muhammad ï·º yang mulia. Beliau lahir dari nasab dan garis keturunan terhormat. Berikut nasab Rasulullah ï·º dari garis ayah:

Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutholib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Kusai bin Kilab bin Murroh bin Ka'b bin Luai bin Gholib bin Fihr bin Malik bin Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhor bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)