Menkes Khawatirkan Kondisi Kesehatan Pemudik di Stasiun Senen

Selasa, 20 Juni 2017 - 21:48 WIB
Menkes Khawatirkan Kondisi Kesehatan Pemudik di Stasiun Senen
Menkes Khawatirkan Kondisi Kesehatan Pemudik di Stasiun Senen
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengkhawatirkan kondisi kesehatan para pemudik yang melalui Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Pasalnya, Nila melihat langsung para pemudik yang tidur hanya beralaskan koran bekas.

Dalam kunjungannya ke Stasiun Senen, Nila terkejut saat melihat kepadatan penumpang di stasiun tersbeut. Pasalnya, fasilitas pemesanan tiket secara online belum dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh pemudik.

Diketahui, pemesanan tiket secara online dimaksudkan agar penumpang Kereta Api Indonesia (KAI) tak perlu mengantre panjang di loket stasiun. PT KAI memastikan pemegang booking tiket online tersebut telah disesuaikan dengan ketersediaan kursi penumpang.

Selain itu, penumpang juga bisa merinci jadwal keberangkatan. Sehingga, keberadaan penumpang di peron stasiun bisa dilakukan sesaat sebelum kereta diberangkatkan.

"Tadi ada penumpang yang datang dari pukul 05.00 WIB subuh padahal berangkatnya (kereta) pukul 12.00 WIB," kata Nila di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (20/6/2017).

Nila pun mengecek ruang tunggu penumpang yang sudah tidak mampu menampung para pemudik. Beberapa pemudik bahkan rela duduk dengan beralaskan koran bekas.

"Budaya sekarang sebenarnya, tiket saja sudah online, tapi tetap orang ketakutan enggak kebagian tiket," ujarnya. Nila meminta masyarakat memahami perkembangan fasilitas kemudahan yang sengaja diberikan itu.

PT KAI pun mesti terus menerus serius melakukan sosialisasi. "Ini mesti kita jelaskan, kondisi mereka (kesehatan penumpang) rentan bila mesti menunggu seperti itu," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9794 seconds (0.1#10.140)