Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

Minggu, 01 Oktober 2023 - 08:59 WIB
loading...
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2023). Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (1/10/2023). Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara tersebut turut dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, sejumlah menteri kabinet, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti, dan Ketua DPR Puan Maharani.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Kombes Polisi Andri Ananta Yudhistira. Pasukan barisan yang hadir pada upacara tersebut yakni TNI tiga matra, kepolisian dan pasukan pelajar yang terdiri dari pelajar SMA, SMP, dan SD.



Pantauan di lokasi, Jokowi tiba sekitar pukul 07.54 WIB. Kedatangan Jokowi disambut salam kebangsaan dan langsung dinyanyikan lagi Indonesia Raya.

Tampak Jokowi mengenakan setelan jas lengkap berwarna biru dan peci hitam. Setelah menerima laporan dari komandan upacara, Jokowi selaku inspektur upacara memimpin sesi mengheningkan cipta untuk mengenang pahlawan revolusi.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa utamanya pahlawan revolusi mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.

Pada upacara tersebut dilangsungkan pembacaan Pancasila oleh Ketua DPD Lanyalla Mahmud Mattalitti, pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Lalu pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Usai upacara selesai, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf meninjau sumur lubang buaya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)