Polandia Perkuat Perbatasan dengan Slovakia Karena Ini

Selasa, 26 September 2023 - 03:37 WIB
loading...
Polandia Perkuat Perbatasan dengan Slovakia Karena Ini
Penjaga berdiri di belakang pagar berduri di perbatasan Polandia. Foto/sputnik
A A A
WARSAWA - Polandia kemungkinan akan memperkuat kendali perbatasannya dengan Slovakia karena peningkatan jumlah migran tidak berdokumen yang datang dari negara tersebut.

Saat ini Slovakia sedang menghadapi masalah transparansi perbatasan, menurut media Polandia pada Senin (25/9/2023).

“Keputusan tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat,” ungkap saluran TV Polandia.

“Penjaga perbatasan Polandia telah menyaksikan peningkatan jumlah migran tidak berdokumen yang datang dari Slovakia dalam lebih dari sebulan,” papar juru bicara Penjaga Perbatasan Polandia Anna Michalska pada awal September.

“Karena perbatasan Polandia-Slowakia adalah perbatasan dalam Wilayah Schengen, penjaga perbatasan tidak dapat melakukan kontrol perbatasan,” papar dia.

“Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah mengontrol legalitas para migran yang tinggal di jalan masuk menuju perbatasan,” ujar Michalska.

“Jika situasi migrasi semakin memburuk, yang merupakan ancaman nyata bagi keamanan negara, Polandia dapat kembali menerapkan kontrol perbatasan sebagai langkah terakhir,” tegas juru bicara tersebut.

Pejabat tersebut juga menyoroti sejauh ini terdapat 544 migran tidak berdokumen yang ditahan di perbatasan Ceko-Slovakia pada 2023, dibandingkan dengan 122 orang yang ditahan pada 2022.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)