Sejarah Kerajaan Tarumanegara: Asal-usul, Kejayaan, Keruntuhan, Peninggalan, hingga Daftar Raja

Senin, 25 September 2023 - 15:35 WIB
loading...
Sejarah Kerajaan Tarumanegara: Asal-usul, Kejayaan, Keruntuhan, Peninggalan, hingga Daftar Raja
Keberadaan Kerajaan Tarumanegara telah muncul sejak abad ke-4. Foto/Istimewa/@august_projection
A A A
JAKARTA - Sejarah Kerajaan Tarumanegara menjadi topik pembahasan menarik untuk diulas. Dalam riwayatnya, kerajaan ini dulunya pernah menduduki wilayah di Pulau Jawa.

Melihat berbagai bukti sejarah, keberadaan Kerajaan Tarumanegara dikatakan telah muncul sejak abad ke-4. Hal ini membuatnya berstatus sebagai salah satu kerajaan bercorak Hindu tertua di Tanah Air.

Lebih jauh, berikut ulasan mengenai sejarah Kerajaan Tarumanegara, lengkap dari asal-usul, kejayaan, hingga daftar raja-rajanya.

Sejarah Kerajaan Tarumanegara


1. Asal-usul Kerajaan Tarumanegara


Berstatus sebagai salah satu kerajaan Hindu tertua yang pernah hadir di Indonesia, Tarumanegara konon disebutkan muncul setelah Kerajaan Kutai. Keberadaan kerajaan ini sudah hadir sejak abad ke-4.

Sejarah Tarumanegara tak bisa dilepaskan dari sosok Jayasingawarman. Maharesi asal India ini mendirikan sebuah kerajaan baru pada tahun 358 M.



Pada penamaannya, Tarumanegara diambil dari nama tanaman yang tumbuh subur di sekitar Sungai Citarum, yakni pohon Tarum. Sejak zaman dulu, tanaman ini telah digunakan masyarakat sebagai pewarna kain dan pengawet pakaian.

Jayasingawarman memerintah Tarumanegara sejak 358 M sampai 382 M. Setelah turun tahta, dia kabarnya memilih menjadi pertapa.

2. Kejayaan Kerajaan Tarumanegara


Keberadaan Tarumanegara terus berkembang seiring waktu. Era kejayaan kerajaan ini berada dalam pemerintahan Purnawarman.

Berstatus raja ketiga, Purnawarman menjabat sejak 395 M. Pada prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebun Kopi dan Prasasti Pasir Jambu, terdapat informasi yang menyebut raja Purnawarman memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan pemerintahan Tarumanegara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)