Doa dan Zikir ketika Dilanda Rasa Malas, Yuk Amalkan!

Senin, 25 September 2023 - 11:17 WIB
loading...
Doa dan Zikir ketika Dilanda Rasa Malas, Yuk Amalkan!
Doa dan zikir untuk menghilangkan rasa malas ini perlu diamalkan setiap saat, agar kita lebih produktif dalam beraktivitas. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Doa dan zikir ketika malas tengah melanda diri, perlu kita amalkan agar dapat lebih produktif dalam beraktivitas. Sebab rasa malas hanya akan menimbulkan dampak negatif yang berbuntut pada penyesalan.

Selain malas dalam urusan dunia, seseorang juga kerap malas untuk urusan akhiratnya. Misalnya seperti menunda-nunda salat atau malas untuk membaca Al-Qur'an. Rasa malas ini juga dapat mengurangi tingkat ketakwaan seorang muslim dan dapat menjerumuskan ke dalam dosa. Karena itulah setiap muslim perlu berjuang melawan rasa malas ini.

Doa Menghilangkan Rasa Malas

Salah satu cara agar dijauhkan dari sifat malas ini adalah dengan berdoa pada Allah SWT . Berikut ini sejumlah doa menghilangkan rasa malas .

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل


Allahumma inni a‘udzubika minal kasali wa a‘udzubika minal jubni wa a‘udzubika minal harami wa a’udzubika minal bukhli

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.”

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ


Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tiba’ahu, wa arinal bathila bathilan warzuqnaj tinabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Kemudian ada doa ini:

“Wahai Tuhan Yang Maha Hidup, wahai Tuhan Yang Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekalipun sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dariMu).” (HR. Al-Hakim Shahih dlm. At-Targhib wat Tarhib 1/273.)

Itulah dua doa menghilangkan rasa malas yang dpaat dibaca oleh umat muslim setiap saat.

Zikir Menghilangkan Rasa Malas

Selain berdoa, ada juga zikir untuk menghilangkan rasa malas ini. Berikut beberapa bacaan zikir yang perlu kita amalkan sebelum tidur, yakni:
1. Allahu Akbar 34x
2. Alhamdulillah 33x
3. Subhanallah 33x.

Rasa malas saat hendak mengerjakan pekerjaan bisa jadi dikarenakan kondisi fisik kita yang lemah atau memang letih. Bahkan, rasa malas ini pernah dialami putri kesayangan Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam, Fatimah Az Zahra. Sebagai seorang ibu, rasa letih pun pernah dirasakan oleh Fatimah radhiallahu ‘anha. Ia pernah mengadukan kesulitannya pada ayahanndanya dan berharap bisa mendapatkan budak untuk membantunya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ternyata memberikan tips ini sebagai gantinya – alias beliau tidak memberikan budak kepada Fatimah radhiyallahu ‘anha.

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sengaja mengunjungi Fatimah dan Ali radhiyallahu ‘anhum untuk memberitahu tips ini.
“Maukah kutunjukkan kalian kepada sesuatu yang lebih baik dari apa yang kalian minta?” tanya beliau.

“Jika kalian berbaring di atas tempat tidur, maka ucapkanlah takbir (Allahu akbar) 34 kali, tahmid (alhamdulillah) 33 kali, dan tasbih (subhanallah) 33 kali. Itulah yang lebih baik bagi kalian daripada pembantu yang kalian minta,” lanjut Nabi (HR. Bukhari dan Muslim).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)