5 Marga Keturunan Ba 'Alawi di Indonesia yang Cukup Populer

Minggu, 24 September 2023 - 15:27 WIB
loading...
5 Marga Keturunan Ba Alawi di Indonesia yang Cukup Populer
Para keturunan Ba Alawi dinisbahkan kepada Sayyid Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir yang nasabnya tersambung kepada Nabi Muhammad SAW. Foto/ist
A A A
Marga keturunan Ba 'Alawi di Indonesia merupakan keluarga atau klan yang nasabnya bersambung kepada Baginda Nabi Muhammad ï·º. Mereka dikenal dengan julukan Sayyid, Syarif, Habib, Syed.

Para keturunan Ba 'Alawi ini dinisbahkan kepada Sayyid Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-Uraidhi yang bersambung hingga kepada Rasulullah ï·º dari jalur Sayyidina Husein (cucu Rasulullah).

Namun belakangan, nasab para keturunan Nabi di Indonesia sempat jadi perbincangan hangat di media sosial. Hal ini menyusul beredarnya ceramah seorang dai yang mengatakan nasab mereka terputus dan tidak masuk akal. Terlepas dari polemik tersebut, berikut kami ulas asal-usul sejarah marga keturunan Ba' Alawi hingga tersebar ke Indonesia.



Dalam Buku "Pemikiran dan Ajaran Para Sayid Ba 'Alawi dari Masa ke Masa" karya Husein Muhammad Alkaff ditegaskan bahwa para Sayyid keluarga Ba 'Alawi merupakan keturunan Nabi Muhammad ï·º. Mereka menerima agama Islam secara langsung dari leluhur mereka sendiri, tanpa melalui perantara pihak luar.

Asal-usulKeturunan Ba' Alawi
Kata 'Alawi secara bahasa diambil dari kata Ali. Dalam sejarah Islam kata ini pada masa Dinasti Umawiyah dan Dinasti Abbasiyah dimaksudkan untuk kelompok pengikut Imam Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu. Kemudian menjadi istilah untuk sebuah sekte Syiah kebatinan yang tersebar di Suriah, Lebanon, dan Turki.

Bagi kalangan muslim di Hadhramaut Yaman dan Indonesia, kata 'Alawi dengan tambahan huruf Ba sehingga menjadi Ba 'Alawi adalah sebuah istilah untuk para Sayyid dari keturunan Sayyid Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad bin Isa bin Muhammad bin Ali al-Uraidhi bin Ja'far as-Shadiq bin Muhammad al-Bagir bin Ali Zainal Abidin bin Husein bin Ali bin Abi Thalib (bin Fathimah binti Muhammad ï·º).

Para sayid Ba 'Alawi berasal dari Hadhramaut dan menyebar ke beberapa negara Arab Teluk, India-Gujarat, Asia Tenggara, dan Afrika Timur. Mereka datang ke Asia Tenggara seperti Campa (sebuah wilayah di Vietnam sekarang), Malaysia, dan Indonesia secara bertahap-tahap dan dalam beberapa gelombang sejak abad ke-13 atau ke-14 hingga pertengahan abad ke-20 Masehi untuk berdagang dan berdakwah.

Tahap dan gelombang pertama yang datang terdiri dari keturunan Sayid Abdul Malik bin Alwi 'Ammul Faqih bin Muhammad Shahib Marbath melalui Gujarat. Menurut beberapa sumber sejarah Islam di Nusantara, para Wali Songo berasal dari keturunan Sayyid Abdul Malik ini. Mereka juga dikenal dengan marga Azhamat Khan.

Kemudian disusul oleh para Sayyid dari keturunan al-Faqih al-Muqaddam Sayyid Muhammad bin Ali bin Muhammad Shahib Marbath (574-653 H) pada abad ke-17 Masehi. Menurut sebuah berita bahwa Habib Husein Alaydrus Luar Batang termasuk dari mereka yang datang pada abad ini. Beliau datang ke Betawi pada tahun 1736 M.

Pada pertengahan kedua Abad 19 M hingga pertengahan pertama Abad 20 M, para Sayyid Ba 'Alawi --baik dari keturunan 'Ammul Faqih yang bukan dari marga 'Azhamat Khan seperti marga Al-Haddad, Baabud, dan lainnya, maupun dari keturunan al-Faqih al-Muqadda-- dalam jumlah yang banyak hijrah ke kepulauan Nusantara, khususnya ke Pulau Jawa. Mereka menyebar di berbagai daerah di Jawa, khususnya pesisir utara Pulau Jawa (Pantura) dari Jakarta (Betawi) hingga Surabaya.

Keutamaan Ahlul Bait
Dalam Hadis, kita akan menemukan banyak riwayat yang menyebutkan keutamaan Ahlul Bait (keluarga Rasulullah). Seperti dalam Kitab Sunan at-Tirmidzi (Hadis) 3788: "Telah menyampaikan Hadis kepada kami Ali bin al-Mundzir Kufi, telah menyampaikan kepadaku Muhammad bin Fudhail, dia berkata, telah menyampaikan kepadaku al-A'masy dari ‘Athiyyah dari Abu Said dan al-A'msy dari Habib bin Abu Tsabit dari Zaid bin Arqam. Mereka berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, "Sesungguhnya Aku tinggalkan di tengah kalian sesuatu yang jika kalian berpegangan dengannya, maka kalian tidak akan tersesat setelahku; yang satu lebih besar dari yang lain; Kitabullah merupakan tali yang terjulur dari langit hingga bumi, dan itrahku (keturunanku/keluargaku/ahlul baitku). Keduanya tidak akan berpisah sampai keduanya mendatangiku di Telaga Surga. Perhatikan, bagaimana kalian akan meninggalkanku dalam keduanya."

Kitab al-Mustdarak 'ala as-Sahihain, al-Hakim 4711/309. Dari Zaid bin Arqam berkata, Rasulullah ï·º bersabda: "Sesungguhnya Aku tinggalkan di tengah kalian dua pusaka yang berat (tsaqalain); Kitabullah dan Ahlul Baitku dan sesungguhnya keduanya tidak akan berpisah sampai keduanya datang kepadaku di Telaga Surga."

Jika diulas ke belakang, kemunculan Bani Alawiyin ini bermula dari Hijrahnya Imam Ahmad bin Isa Al-Muhajir dari Basrah (Irak) ke Hadhramaut Yaman dan berketurunan di sana. Ahmad bin Isa (wafat 345 H), dinamakan Al-Muhajir karena beliau meninggalkan Basrah di masa pemerintahan Khalifah Abbassiyah di Baghdad 317 H (896 M).

Menurut beberapa sumber, Imam Ahmad bin Isa al-Muhajir menyuruh putranya, Imam Ubaidillah untuk pergi ke Makkah menimba ilmu dari para ulama di sana. Selama di Makkah Imam Ubaidillah belajar tasawuf dan fiqih Syafi'i.

Imam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir mempunyai tiga anak; Bashri, Jadid dan Alwi. Bashri lahir di Bashrah, karena itu disebut Bashri dan namanya Ismail. Jadid anak paling kecil dari tiga putra beliau. Bashri dan Jadid mempunyai keturunan, namun mereka tidak berlanjut dan kemudian punah.

Sementara Alwi bin Ubaidillah adalah cikal bakal para Sayyid Ba 'Alawi. Dari beliau inilah tersebar keturunan Imam Ahmad bin Isa al-Muhajir melalui putranya yaitu Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah. Muhammad mempunyai anak Alwi. Alwi mempunyai anak Ali Khali' Qasam. Ali Khali' Qasam mempunyai anak Muhammad Shahib Marbath. Muhammad Shahib Marbath mempunyai dua anak; Ali dan Alwi. Ali mempunyai anak Muhammad yang dikenal dengan al-Faqih al-Muqaddam, sedangkan Alwi mempunyai anak Abdul Malik, leluhur para Wali Sanga. Mereka ini kemudian dikenal dengan para Sayyid Ba 'Alawi.

Setiap generasi dari enam generasi di bawah Imam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir, yaitu Alwi, Muhammad, Alwi, Ali Khali' Qasam, Muhammad Shahib Marbath dan Ali serta Alwi, mempunyai peranan yang penting dalam menjaga agama Islam dan ajaran pasca Imam Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir. Sejak Imam Ubaidillah, para Sayyid Ba 'Alawi diyakini mengikuti Mazhab Syafi'i. Tidak ada catatan tentang ajaran mereka selain mereka mengikuti mazhab Syafii.

5 Marga Keturunan Ba 'Alawi di Indonesia
Marga keturunan Ba 'Alawi ('Alawiyyin) di Indonesia banyak tersebar di berbagai daerah Tanah Air. Mereka telah lama berkiprah di Indonesia. Di antaranya, mendirikan organisasi Islam di beberapa daerah. Seperti Jamiah al-Khair di Jakarta, al-Khairiyyah di Surabaya, Ma'had Islam di Pekalongan, dan kota-kota lainnya. Bahkan di luar pulau Jawa seperti Al-Khairot di Palu, Sulawesi Tengah. Lembaga-lembaga itu sampai sekarang masih berkembang dan beberapa tokoh dari mereka mendirikan pesantren di Pulau Jawa.

Selain lembaga pendidikan, beberapa tokoh keturunan Ba 'Alawi mendirikan organisasi sosial seperti Rabithah 'Alawiyyah di Jakarta pada 27 Desember 1928 M (1346 H). Organisasi ini didirikan untuk melayani komunitas Hadhrami di bidang ekonomi, pendidikan, layanan anak-anak yatim, para janda, dan kaum duafa, sekaligus pencatatan nasab para Habaib dari kalangan Alawiyyin.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2877 seconds (0.1#10.140)