5 Fakta Muhammad Herindra, Sosok Mantan Danjen Kopassus yang Jabat Wamenhan

Minggu, 24 September 2023 - 04:36 WIB
loading...
5 Fakta Muhammad Herindra, Sosok Mantan Danjen Kopassus yang Jabat Wamenhan
Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Muhammad Herindra merupakan tokoh militer Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan). Foto/ANTARA
A A A
JAKARTA - Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Muhammad Herindra merupakan tokoh militer Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) . Ia ditunjuk sebagai Wamenhan dalam Kabinet Indonesia Maju sejak tanggal 23 Desember 2020.

Muhammad Herindra dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wamenhan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang diangkat menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan.



Herindra lahir di Magelang, Jawa Tengah pada 30 November 1964. Ia merupakan arbituren Akademi Militer (Akmil) tahun 1987 dari kecabangan infanteri (Kopassus).

Bukan hanya Akmil, Muhammad Herindra juga diketahui telah mengenyam pendidikan militer yang cukup bergengsi. Di antaranya ada Sesarcabif, Dik Komando, Free Fall, Suslapa I & II, Seskoad, Susdanyon, Susdadim, Seskogab Malaysia, dan terakhir di Lemhannas.

Berbekal pengalaman dan riwayat pendidikannya, tak heran Herindra banyak menempati posisi strategis di kemiliteran.Selain karier yang gemilang, Letjen Muhammad Herindra ini memiliki segudang brevet yang berhasil diraihnya.

Beberapa di antaranya adalah Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Free Fall, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad, Brevet Bhayangkara Bahari, Basic Parachutist Badge (Royal Thai Army) hingga Master Parachutist Badge (Singapore Army).

Fakta Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra

1. Peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama

Herindra merupakan lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) tahun 1987. Dengan kata lain, Herindra merupakan peraih penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama.

Adhi Makayasa penghargaan tahunan bagi lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri, yaitu Matra Darat dari Akmil Magelang, Matra Laut dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya, Matra Udara dari Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, dan Matra Kepolisian dari Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang.

Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek: akademis, jasmani, dan kepribadian (mental). Penganugerahan Adhi Makayasa secara langsung diberikan oleh Presiden Republik Indonesia.

Sedangkan, Tri Sakti Wiratama adalah sebuah bentuk prestasi penghargaan yang diberikan pada lulusan terbaik dari Akmil. Tri Sakti Wiratama merupakan prestasi tertinggi gabungan nilai mental, fisik, dan intelektualitas diberikan pada taruna tingkat akhir pendidikan Akmil.

2. Pendidikan Militer di Amerika Serikat

Herindra tercatat tak hanya menempuh pendidikan di dalam negeri. Herindra juga mengecap pendidikan di luar negeri yakni The Military College of Vermont, Norwich University USA dan National Defense University USA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0939 seconds (0.1#10.140)