Harga Beras Bikin Waswas, Presiden Jokowi Keluarkan 2 Arahan

Sabtu, 23 September 2023 - 08:05 WIB
loading...
Harga Beras Bikin Waswas, Presiden Jokowi Keluarkan 2 Arahan
Presiden Joko Widodo saat meninjau Gudang Bulog Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Harga beras di dalam negeri tak kunjung turun, bahkan semakin menanjak. Menyikapi perkembangan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan dua arahan kepada para bawahannya terkait penanganan masalah lonjakan harga beras di pasaran.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Dua arahan tersebut yakni menggelontorkan bantuan sosial (bansos) beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) serta melakukan operasi pasar.



"Pemerintah kan sudah menggelontorkan bansos beras dan juga sudah melakukan operasi pasar. Cuma angkanya berapa saya tak punya kewenangan jelaskan secara detail, karena bulog yang lebih tahu angka-angka itu secara persis," kata Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, dikutip Sabtu (23/9/2023).

Berdasarkan catatan Ombudsman RI, harga beras terus naik dalam kurun waktu sebulan, yakni Agustus-September 2023. Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika menyebukan, harga beras premium naik sekitar 11,54%, sedangkan harga beras medium naik 5,92% dalam kurun waktu tersebut.



Berdasarkan harga beras rerata nasional, harga beras premium pada minggu pertama bulan Agustus yang sebesar Rp13.610/kg pada minggu ketiga bulan September melonjak menjadi Rp15.180/kg. Sedangkan untuk harga beras medium, pada minggu pertama bulan Agustus yang di harga Rp11.990/kg mengalami kenaikan hingga minggu ketiga September menjadi Rp12.700/kg.

Harga kedua jenis beras tersebut tercatat sudah berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan melalui Permendag Nomor 27 Tahun 2017 tentang Harga Eceran Tertinggi Beras. Kemendag menetapkan HET beras premium sebesar Rp12.800/kg dan HET beras medium Rp9.450/kg.

(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)