Keutamaan Surat Al Anfal : Rutin Membacanya akan Dicintai Semua Orang

Jum'at, 22 September 2023 - 10:41 WIB
loading...
Keutamaan Surat Al Anfal : Rutin Membacanya akan Dicintai Semua Orang
Keutamaan surat Al Anfal penting untuk diketahui umat muslim, karena khasiat dan keutamaan surat Al-Anfal ini dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang. Foto ilustrasi/ist
A A A
Keutamaan surat Al Anfal penting untuk diketahui umat muslim, karena khasiat dan keutamaan surat Al-Anfal ini dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang.

Surat Al Anfal merupakan surah kedelapan dalam Al Qur'an. Al-Anfal artinya adalah "harta rampasan perang". Surat ini terdiri dari 75 ayat dan termasuk golongan surat Madaniyyah. Ia dinamakan Al-Anfal karena di dalamnya tedapat lafadz Al-Anfal pada permulaan ayatnya.

Menurut riwayat Ibnu Abbas, surat ini diturunkan berkenaan dengan perang Badar Kubra yang terjadi pada tahun kedua Hijriah. Perang itu mendapatkan perhatian di dalam Al-Qur'an, karena dianggap memiliki peranan penting dalam kemajuan peradaban Islam.

Dalam perang itu, pasukan Muslimin yang hanya berjumlah sedikit dan dengan perlengkapan seadanya berhasil mengalahkan pasukan musyrikin yang sangat besar disertai perlengkapan perang lengkap.

Kaum Muslimin pun mendapat harta rampasan perang yang sangat banyak. Oleh karena itu, timbullah masalah bagaimana membagi harta rampasan perang itu secara adil dan benar. Maka Allah Subhanahu wa ta'ala menurunkan ayat pertama dari surat ini.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Anfal

Adapun keutamaan dan khasiat surat Al-Anfal adalah dapat menjadi wasilah agar pembacanya dicintai oleh semua orang. Serta ia disegani oleh seluruh lapisan masyarakat, ia akan mengeluarkan aura kewibawaan yang akan membuat orang lain nyaman ketika berada di dekatnya.

Adapun caranya yaitu dengan membaca surat Al-Anfal ayat 62-63 yang berbunyi:

وَإِنْ يُرِيدُوا أَنْ يَخْدَعُوكَ فَإِنَّ حَسْبَكَ اللَّهُ هُوَ الَّذِي أَيَّدَكَ بِنَصْرِهِ وَبِالْمُؤْمِنِينَ (62)

وَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ لَوْ أَنْفَقْتَ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا مَا أَلَّفْتَ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ أَلَّفَ بَيْنَهُمْ إِنَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ (63)


Artinya: "Dan jika mereka bermaksud hendak menipumu, maka sesungguhnya cukuplah Allah (menjadi Pelindungmu). Dialah yang memperkuatmu dengan pertolongan-Nya dan dengan orang-orang mukmin, dan yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). Walau­pun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Mahaperkasa lagi Mahabijaksana." (QS. Al-Anfal: 62-63)

Bacalah ayat di atas sebanyak mungkin tanpa batas waktu dan tempat. Gunakan ayat tersebut sebagai zikir agar menjadi wasilah agar doa kita dikabulkan serta orang-orang akan mencintai kita.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)