BI: Sinergi dan Koordinasi Kunci Resiliensi Ekonomi Nasional??

Senin, 22 Mei 2017 - 22:03 WIB
BI: Sinergi dan Koordinasi Kunci Resiliensi Ekonomi Nasional??
BI: Sinergi dan Koordinasi Kunci Resiliensi Ekonomi Nasional??
A A A
JAKARTA - Sinergi kebijakan dan koordinasi antara Bank Indonesia, Pemerintah dan lembaga terkait lainnya merupakan kunci mendorong resiliensi perekonomian nasional.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara mengatakan, langkah-langkah Bank Indonesia menjaga inflasi serta langkah Pemerintah menjaga keberlangsungan fiskal pada 2016, telah berhasil menjaga daya tahan ekonomi Indonesia di tengah berbagai tantangan global.

Pertumbuhan ekonomi 2016 pun tercatat mengalami peningkatan, meski pertumbuhan kredit perbankan belum kuat.

Hal tersebut mengemuka dalam diskusi “Mendorong Alternatif Sumber Pembiayaan Domestik Untuk Pembangunan Ekonomi yang Berkelanjutan” yang diselenggarakan Bank Indonesia di Bali, Senin (22/5/2017).

Mirza menyampaikan apresiasinya atas kerja sama seluruh pihak dalam menjaga ekonomi Indonesia pada tahun 2017.

"Sentimen positif investor terhadap perkembangan pemulihan ekonomi domestik dan keberhasilan program amnesti pajak antara lain tercermin pada peningkatan pembiayaan ekonomi nonbank di 2016," kata Mirza dalam siaran pers yang diterima SINDOnews di Jakarta, Senin (22/5/2017).

Pembiayaan khususnya diterima melalui penerbitan obligasi korporasi, medium term notes, negotiable certificate of deposit, dan promissory notes.

Apresiasi terhadap perekonomian Indonesia telah muncul pula dari dunia internasional. Baru-baru ini, lembaga pemeringkat S&P menaikkan peringkat rating Indonesia ke tingkat investment grade dengan outlook stabil.

Dia menuturkan, Indonesia juga telah terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF-World Bank pada tahun 2018 mendatang. Pemilihan sebagai tuan rumah merupakan penghargaan kepada Indonesia sebagai ekonomi yang resilien dan progresif.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4817 seconds (0.1#10.140)