Satgas Mafia Tangkap 10 Pelaku Pungli di Pasar Induk Kramatjati

Minggu, 21 Mei 2017 - 01:41 WIB
Satgas Mafia Tangkap 10 Pelaku Pungli di Pasar Induk Kramatjati
Satgas Mafia Tangkap 10 Pelaku Pungli di Pasar Induk Kramatjati
A A A
JAKARTA - Satgas Mafia Pangan mengamankan 10 pengganggu distribusi bahan pokok yang menyebabkan harga komoditas pangan naik di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur.

"Tindakan ini dilakukan dikarenakan Satgas Pangan mendapatkan informasi adanya praktek pungli yang terjadi pada aktivitas bongkar bahan pokok di Pasar Induk Kramatjati," kata Wakil Kepala Satgas Mafia Pangan Brigjen Agung Setya, Sabtu (20/5/2017).

Dia melanjutkan, par pelaku ini melakukan pungli kepada pedagang menyebabkan harga pangan naik. "Perbuatan para pelaku ini berpengaruh terhadap harga bahan pokok yang dijual oleh para pedagang. Harga menjadi naik dikarenakan aktivitas pungli tersebut," kata dia.

Modus yang dilakukan pelaku dengan meminta uang kepada para pedagang yang melakukan bongkar muat di pasar tersebut. Dan uang yang diterima pelaku, lanjut Agung, digunakan untuk kepentingan pribadi.

"Barang bukti yang diperoleh yaitu lima bundel kupon bongkar yang sudah digunakan. Jadi rekapan catatan bongkar dan uang sejumlah Rp337 ribu," kata pria yang juga menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim ini.

Dari 10 orang, lanjut Agung, sudah dua orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Yaitu anggota Forum Betawi Rempuk Suparjo (56) dan anggota Bapengkar Romadi (52). "Sedangkan delapan pelaku lainnya masih dalam proses pendalaman lebih lanjut," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8320 seconds (0.1#10.140)