Apakah Pemain Timnas Korea Selatan Bebas Wamil Jika Juara Asian Games 2022? Simak Jawabannya di Sini!

Rabu, 20 September 2023 - 20:04 WIB
loading...
Apakah Pemain Timnas Korea Selatan Bebas Wamil Jika Juara Asian Games 2022? Simak Jawabannya di Sini!
Salah satu rumor yang beredar adalah jika menjadi juara, seluruh pemain Timnas Korea Selatan bakal bebas dari wajib militer (wamil) / Foto: InsideTheGames
A A A
HANGZHOU - Asian Games 2022 berlangsung di Hangzhou, China. Acara ini dimulai pada 23 hingga 9 Oktober 2023 mendatang.

Sebagai salah satu event perlombaan terbesar di Asia, Asian Games 2022 telah diikuti hampir seluruh negara di kawasan ini. Semua negara yang mendaftarkan diri telah berambisi untuk menjadi pemenang.

Korea Selatan yang tergolong memiliki banyak atlet terbaik, khususnya sepak bola pun memiliki penawaran yang menarik untuk para pemainnya. Salah satu rumor yang beredar adalah jika menjadi juara, seluruh pemain Timnas Korea Selatan bakal bebas dari wajib militer (wamil).



Penawaran tersebut tentu sangat menarik bagi mereka yang masuk menjadi peserta. Namun, apakah benar menjadi juara Asian Games 2022 bisa terbebas dari tugas wajib militer? Berikut ulasannya.

Apakah Pemain Timnas Korea Selatan Bebas Wamil Jika Juara Asian Games 2022 ini?


Asian Games 2022 merupakan ajang olahraga multi-event yang diadakan setiap empat tahun sekali. Pada Asian Games 2018 di Indonesia, Timnas Korea Selatan U-23 memenangkan medali emas setelah mengalahkan Timnas Jepang U-23 di partai final.

Kemenangan ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi tim tersebut dan negara mereka. Korea Selatan juga berharap bisa kembali meraih kemenangan di Asian Games tahun ini dengan menoreh medali emas.



Sejak tahun 1973, pemerintah Korea Selatan mengeluarkan undang-undang yang mengharuskan semua pria berusia antara 18 dan 28 tahun untuk menjalani wajib militer selama sekitar dua tahun.

Namun, ada beberapa pengecualian yang memungkinkan pemain sepak bola untuk menunda atau menghindari wajib militer. Salah satunya adalah jika mereka memenangkan medali emas di Piala Dunia FIFA atau medali emas di Olimpiade.

Pemain Timnas Korea Selatan U-24 yang berlaga di Asian Games 2022 bisa mendapatkan keringanan wajib militer jika mereka berhasil meraih medali emas. Ini adalah insentif yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk menghargai prestasi olahraga mereka.

Namun, bukan berarti mereka bebas dari wajib militer sama sekali. Akan tetapi, mereka masih harus menjalani wajib militer singkat selama empat minggu. Hal ini menjadi lebih pendek dibandingkan dengan wajib militer biasa yang berlangsung selama 18 bulan.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa, meskipun para pemain sudah mendapatkan medali emas, tidak mudah bagi mereka untuk bebas dari wamil. Namun pemerintah Korea Selatan memberikan keringanan pemotongan waktu kepada para pemain yang telah berjasa kepada negara.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)