Siapa Pemilik JIS? Stadion Kebanggaan Warga Jakarta Selain GBK

Jum'at, 15 September 2023 - 04:33 WIB
loading...
Siapa Pemilik JIS? Stadion Kebanggaan Warga Jakarta Selain GBK
JIS atau Jakarta International Stadium milik Pemprov DKI Jakarta yang dikelola PT Jakpro. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siapa pemilik JIS atau Jakarta International Stadium ? Benar, stadion kebanggaan warga Jakarta itu milik Pemprov DKI Jakarta .

Warga Jakarta boleh berbangga karena selain memiliki JIS juga lebih dulu mempunyai Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan.



Stadion JIS menjadi stadion terbesar di Indonesia bertaraf internasional yang diresmikan April 2022. Stadion ini berdiri megah di luas lahan mencapai 221 ribu meter persegi dengan kapasitas 82 ribu penonton.

Sebelum dibangun JIS, lahan ini merupakan Taman Bersih Manusia Wibawa (BMW). Taman yang memiliki luas mencapai 66,6 hektare ini kemudian dikembangkan menjadi stadion bertaraf internasional.

Pembangunan itu sesuai Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2019 Pasal 3. Dalam peraturan tersebut, Pemprov DKI memiliki akses mengembangkan Kawasan Olahraga Terpadu pada lahan pengganti Stadion Lebak Bulus dengan luas mencapai 265.335,99 meter persegi di Jalan RE Martadinata/Sunter Permai, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sebelum menjadi Stadion JIS, stadion ini dibangun dengan nama Stadion BMW yang memakan waktu hingga tiga tahun dari 2019 hingga 2021. Pembangunan Stadion BMW dilakukan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang merupakan BUMD DKI Jakarta. PT Jakpro juga sekaligus pengelola stadion ini.

Pembangunan JIS menghabiskan biaya Rp4,5 triliun. Meski milik Pemprov DKI, Stadion JIS diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin berlatih. Tak hanya Persija Jakarta, Timnas Indonesia yang bernaung di bawah PSSI juga dapat menggunakannya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3257 seconds (0.1#10.140)