Mengenal Perbedaan BRIN vs BMKG, dari Sejarah hingga Tugasnya

Kamis, 14 September 2023 - 17:37 WIB
loading...
Mengenal Perbedaan BRIN vs BMKG, dari Sejarah hingga Tugasnya
BRIN dan BMKG sering memberikan informasi terkait fenomena alam yang terjadi di Indonesia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah perbedaan mendasar dari BRIN vs BMKG . Kedua lembaga pemerintah ini memiliki tugas dan fungsi yang berbeda.

Di Indonesia, terdapat banyak instansi atau lembaga penting yang memiliki peran dan fungsi masing-masing. Sebagai contoh, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Mendengar nama BRIN dan BMKG, sebagian masyarakat Tanah Air tentu sudah tidak asing lagi. Biasanya, kedua lembaga ini sering memberikan informasi terkait fenomena alam yang terjadi di Indonesia atau sekitarnya.



Meski demikian, ternyata antara BRIN dan BMKG tidak sama. Ada beberapa perbedaan mendasar dalam kedua lembaga tersebut. Apa saja?

Perbedaan BRIN vs BMKG


1. Pengertian


BRIN merupakan akronim dari Badan Riset dan Inovasi Nasional. Mengutip laman resminya, lembaga ini menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, hingga invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Sementara itu, BMKG adalah kependekan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Lembaga ini menjalankan tugas di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara, dan Geofisika sesuai ketentuan.

2. Sejarah


Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2019. Pendiriannya didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2019 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Awalnya, BRIN menjadi bagian dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). Namun, pada 5 Mei 2021, Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2021.

Perpres tersebut secara efektif menetapkan BRIN sebagai satu-satunya badan penelitian nasional. Artinya, semua badan penelitian nasional Indonesia seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bergabung menjadi BRIN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4082 seconds (0.1#10.140)