9 Efek Samping Bawang Hitam yang Perlu Diketahui, Wanita Hamil Harus Waspada

Minggu, 17 September 2023 - 13:03 WIB
loading...
9 Efek Samping Bawang Hitam yang Perlu Diketahui, Wanita Hamil Harus Waspada
Bawang hitam biasanya dianggap aman untuk dikonsumsi dan tidak ada kondisi yang mengancam jiwa terkait dengan penggunaannya. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Bawang hitam biasanya dianggap aman untuk dikonsumsi dan tidak ada kondisi yang mengancam jiwa terkait dengan penggunaannya.

Namun, seperti halnya makanan atau suplemen apa pun, reaksi dan sensitivitas individu mungkin berbeda-beda.

Dilansir pinkvilla pada Minggu (17/9/2023), berikut beberapa potensi efek samping yang telah dilaporkan pada kasus-kasus yang sudah menunjukkan sensitivitas bawang putih .


Efek Samping Bawang Hitam

1. Reaksi Alergi

Meski jarang terjadi, beberapa orang mungkin alergi terhadap bawang putih, termasuk bawang hitam. Orang dengan alergi bawang putih mungkin mengalami gejala ringan seperti bersin atau ruam. Orang lain yang memiliki alergi parah mungkin juga terkejut atau mengalami demam tinggi. Jika Anda memiliki alergi bawang putih, sebaiknya menghindari bawang hitam.

2. Potensi Efek Pengencer Darah

Bawang putih memiliki sifat pengencer darah ringan yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung, namun dapat menimbulkan risiko bagi individu yang mengonsumsi obat antikoagulan, pengencer darah, atau menjalani operasi.

Penting untuk mendiskusikan penggunaan bawang hitam dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika menjalani pengobatan pengencer darah. Anda juga harus mengambil alternatif, jika segera menjalani operasi.

9 Efek Samping Bawang Hitam yang Perlu Diketahui, Wanita Hamil Harus Waspada

3. Bau dan Rasa yang Kuat

Meski beragam manfaat bawang putih hitam, namun tetap saja ada sisa rasanya. Bawang hitam memiliki bau yang kuat dan khas yang mungkin tidak sedap bagi sebagian orang. Itu juga bisa meninggalkan rasa yang tertinggal di mulut. Ini bukan masalah kesehatan tetapi dapat mempengaruhi preferensi pribadi.

4. Interaksi Obat

Bawang putih, termasuk bawang hitam dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti obat HIV/AIDS, obat yang dimetabolisme oleh hati dan obat antiplatelet atau antikoagulan tertentu. Jika Anda sedang menjalani pengobatan apa pun, penting untuk menjaga kepercayaan penyedia layanan kesehatan Anda dan menentukan apakah mungkin ada potensi interaksi.

5. Ketidaknyamanan saat Hamil

Informasi tentang keamanan bawang hitam selama kehamilan dan menyusui masih terbatas. Sebaiknya berhati-hatilah dan hindari konsumsi berlebihan atau penggunaan bawang putih hitam selama periode ini. Konsultasi dengan ahli kesehatan disarankan sebelum mengonsumsi bawang putih selama kehamilan.

6. Ketidaknyamanan Saluran Pencernaan

Beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut, kembung, gas atau diare saat mengonsumsi bawang hitam. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan bersifat sementara. Anda mungkin perlu mengubah dosis bawang hitam atau menghentikannya sama sekali.

7. Nafas dan Bau Badan

Konsumsi bawang putih hitam dapat menimbulkan bau yang khas pada nafas dan tubuh. Ini adalah efek sementara yang dapat dikurangi melalui praktik kebersihan mulut dan pribadi.


8. Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)

Beberapa khasiat bawang hitam dan bawang putih biasa mungkin memiliki efek penurunan tekanan darah ringan. Orang dengan tekanan darah rendah atau sedang menjalani pengobatan hipertensi harus menghindarinya.

9. Potensi Penghambatan Enzim Pencernaan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang hitam dapat menghambat enzim pencernaan tertentu. Meskipun hal ini mungkin bermanfaat bagi kondisi tertentu, individu dengan gangguan pencernaan tertentu atau kekurangan enzim harus menggunakan bawang hitam dengan hati-hati dan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)