Libur Idul Adha, Asemka Dipenuhi Pedagang Kaki Lima

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 18:01 WIB
loading...
Libur Idul Adha, Asemka Dipenuhi Pedagang Kaki Lima
Pedagang kaki lima memenuhi kawasan Asemka dan pintu kecil di Pinangsia Taman Sari - Roa Malaka Tambora, Jakarta Barat. SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Pedagang kaki lima memenuhi kawasan Asemka dan pintu kecil di Pinangsia Taman Sari - Roa Malaka Tambora, Jakarta Barat. Mereka juga terlihat tak menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Pantauan di lokasi, suasana Asemka, Sabtu (1/8/2020), tampak penuh. Banyak pedagang kaki lima memenuhi kawasan itu di sisi kiri kanan jalan. Trotoar jalanan tampak penuh dengan pedagang kaki lima. (Baca juga; 470 Pengunjung Berlibur ke Ragunan Setelah Idul Adha 2020 )

Begitupun dengan jalan raya di sana. Pedagang kaki lima yang berdagang hingga menutupi akses jalan. Pejalanan kaki tak bisa melintas dan harus ke badan jalan, lantaran trotoar dan bahu jalan dipenuhi pedagang kaki lima.

Di antara sebagian besar pedagang kaki lima yang berdagang, mereka tampak tidak mengindahkan physical distancing dan tak menggunakan masker. Mereka tampak melayani sejumlah pembeli. “Yang penting cuci tangan,” cetus Fahmi, (34), salah satu pedagang Asemka di lokasi.

Sekalipun di kawasan itu terdapat posko Satpol PP, namun mereka tetap mengabaikan protokol kesehatan. Mereka tak berbuat banyak, seperti melarang pedagang, maupun memberikan sanksi sosial. (Baca juga; Akhir Pekan Libur Idul Adha, Kota Tua Sepi Pengunjung )

Lusi, (37), salah satu pembeli di Asemka mengaku waswas dengan kondisi demikian. Sebab, sebagai warga yang kerap bepergian, Lusi takut terpapar maupun menularkan COVID-19.

Meski demikian, Lusi tak bisa berbuat banyak. Selain tetap menjaga kesehatan dengan mencuci tangan, masker yang digunakan tak sekalipun dia lepas. “Takut sih takut, tapi saya harus ke Asemka,” kata Lusi yang mengaku mencari peralatan minum untuk acara 17-an nanti.

Terpisah, Kasatpol PP Jakarta Barat, Tamo Sijabat, berjanji akan menindak sejumlah pedagang kaki lima nakal yang tak mematuhi protokol kesehatan. “Petugas akan berikan sanksi,” tutupnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2782 seconds (0.1#10.140)