Perusahaan Rusia Ingin Kembali Produksi 'Tank Terbang' Legendaris

Senin, 11 September 2023 - 22:01 WIB
loading...
Perusahaan Rusia Ingin Kembali Produksi Tank Terbang Legendaris
T-80, tank tempur utama (MBT) legendaris yang dijuluki ‘tank terbang’. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Raksasa pembuat tank Rusia, Uralvagonzavod, sedang mempertimbangkan memulai kembali produksi T-80, tank tempur utama (MBT) legendaris yang dijuluki ‘tank terbang’.

Tank itu dilengkapi mesin turbin yang melahirkan konstruksi tank generasi ketiga.

“Tugas seperti itu sudah ditetapkan, setidaknya militer sudah menetapkannya untuk kita. Kami sekarang secara aktif berkolaborasi, bekerja, dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan ini dengan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, karena hal ini memerlukan kemampuan produksi baru,” ujar Direktur Jenderal Uralvagonzavod Alexander Potapov kepada media Rusia pada akhir pekan.

Tank-tank yang bertempur dalam konflik proksi Rusia-NATO di Ukraina memuji T-80. Alasannya, awak tank T-80BVM 'Alyosha' yang ditingkatkan, mendapat perhatian media nasional dan internasional bulan lalu setelah sendirian menghancurkan dua T-72B Ukraina, satu pengangkut personel lapis baja M113 dan lima kendaraan tempur lapis baja MaxxPro dan kemudian menarik tank rekan mereka yang rusak ke tempat yang aman.

Pertama kali diperkenalkan ke dalam layanan Angkatan Darat Soviet pada 1976, T-80 adalah MBT generasi ketiga pertama di dunia.

Tank itu juga model tank pertama yang menggunakan mesin turbin gas multi-bahan bakar yang kuat sebagai sumber penggerak utamanya, menghasilkan mesin 42,5-46 ton yang terbukti penting dalam duel langsung tank lawan tank.

Tank ini memiliki awak tiga orang, dan dirancang untuk digunakan dalam formasi elit Garda Soviet yang ditempatkan di Eropa Timur selama Perang Dingin.



T-80 dijuluki 'tank terbang' atau 'tank jet' oleh pengamat militer dan prajurit karena karakteristik kinerja kecepatan tinggi dan kemampuan manuvernya, serta kemampuannya melakukan lompatan yang mengesankan.

Pada kecepatan rendah, tank dapat beroperasi pada tingkat kebisingan yang sangat rendah, memungkinkannya mendekati musuh dalam jarak 100-200 meter sebelum diketahui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)