Bayi Penderita Paru-paru Meninggal di RS Sari Asih Ciledug

Selasa, 18 April 2017 - 21:15 WIB
Bayi Penderita Paru-paru Meninggal di RS Sari Asih Ciledug
Bayi Penderita Paru-paru Meninggal di RS Sari Asih Ciledug
A A A
TANGERANG - Seorang bayi perempuan penderita paru-paru Azzahra Fatharani, meninggal dunia di RS Sari Asih Ciledug, Kota Tangerang, Banten.

Zahra, demikian bayi tersebut biasa dipanggil, meninggal tadi pagi di RS Sari Asih, setelah sebelumnya mengalami perawatan di Puskesmas Ciledug.

Sejak lahir, Zahra memang punya kelainan kesehatan. Dia suka sakit-sakitan. Kedua orang tuanya tidak mampu membawanya ke rumah sakit besar untuk berobat.

Meski demikian, warga Jalan Kedondong, RT02/06 Kelurahan Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug, Tangerang, ini kerap dibawa ke Puskesmas Ciledug.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Lisa mengatakan, berat badan Zahra tidak pernah bertambah. Bahkan terus mengalami penurunan setiap bulannya.

"Bayi ini punya kelainan dari lahir. Berat badannya tidak bertambah-tambah dan perlahan-lahan semakin berkurang," katanya, di Tangerang, Selasa (18/4/2017).

Ditambahkan dia, sedari usia satu-empat bulan Zahra kerap sakit-sakitan dan tubuhnya menjadi mengecil. Sudah beberapa kali dibawa berobat ke Puskesmas.

Kemarin, Senin 17 April 2017, suhu tubuh bocah malang itu menjadi sangat tinggi. Dia pun akhirnya dirujuk ke RS Sari Asih Ciledug guna mendapat perawatan.

"Pada umur enam bulan sebenarnya mulai ada perkembangan pada bayi ini. Namun kesehatannya menurun saat usianya beranjak tujuh bulan," sambungnya.

Sedari bulan Januari, berat badan Zahra 3,2 kg dengan panjang 53,4 cm. Kemudian diintervensi dengan memberikan konseling ASI eksklusif dan gizi tambahan.

Tetapi berat badannya terus menurun. Menurut diagnosa dokter, Zahra bukan menderita gizi buruk, tapi bronchopneumia dan asisdosis metabolik atau paru-paru.

"Ini diakibatkan penyakit paru-paru yang sempat terendam. Jadi bukan gizi buruk seperti yang banyak ditanyakan wartawan," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5615 seconds (0.1#10.140)