4 Trik Psikologi agar Orang Lain Nyaman Berada di Dekatmu

Sabtu, 09 September 2023 - 13:00 WIB
loading...
4 Trik Psikologi agar Orang Lain Nyaman Berada di Dekatmu
Ilmu psikologi memberi trik beberapa hal yang bisa kita lakukan agar orang lain nyaman saat berbincang dengan kita. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ilmu psikologi memiliki beberapa cara agar seseorang merasa nyaman berada di dekat orang lain. Dengan adanya trik ini, kamu akan merasa lebih mudah untuk diri kamu disukai oleh orang lain.

Hampir pasti, setiap orang menginginkan dirinya disukai oleh orang lain. Namun hal itu tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Akan ada orang-orang yang mendukungmu, dan juga ada yang ingin menjatuhkanmu.

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak mencoba untuk berusaha membuat orang lain senang dan nyaman jika berbincang denganmu.Karena salah satu bagian penting dari berhasilnya sebuah komunikasi adalah seberapa nyaman dan percayanya seseorang pada lawan bicaranya.



Inilah beberapa tips psikologi agar orang lain merasa nyaman saat berada di dekatmu.

1. Buat Seseorang Bicara tentang Diri Mereka

Ketika kamu ngobrol dengan seseorang, tanyakan hal yang mereka sukai atau penting bagi mereka, dan biarkan ia bercerita mengenai hal tersebut. Seseorang akan senang jika diberi ruang untuk menceritakan hal yang ia sukai dan kuasai.

Dengarkan ceritanya dan berikan sinyal bahwa kamu antusias dalam mendengarkan. Dengan hal ini, orang lain akan merasa nyaman dan tidak ragu untuk terbuka dan bercerita padamu.

2. Tiru Bahasa Tubuh dan Perkataan Mereka

Biasanya hal ini dilakukan secara tidak sadar. Tapi sebagian besar manusia suka dengan orang yang 'satu frekuensi' dengan mereka.

Nah, ternyata hal ini bisa kita kondisikan dengan menyamakan postur, bahasa tubuh, dan kata-kata yang digunakan. Hal ini bisa menjadi alasan keakraban dalam satu suku, agama, bahkan hobi dan minat.

4 Trik Psikologi agar Orang Lain Nyaman Berada di Dekatmu

Foto: Unsplash

3. Lebih Banyak Mendengarkan

Dalam komunikasi, berbicara dengan orang lain sangatlah penting. Tapi ingatlah bahwa untuk bisa berbicara dengan tepat kamu perlu mendengarkan dengan baik. Dengan mendengarkan, kamu akan lebih memahami isi kepala dan juga isi hati lawan bicaramu.

Dalam dunia psikologi, mendengarkan merupakan cara untuk menyamakan dunia kita dengan orang lain sebelum nantinya kita memimpin.


4. Menghargai Batasan dan Privasi

Tips penting lainnya agar orang lain merasa nyaman di dekatmu adalah dengan menghargai batasan dan privasi orang lain. Tapi terkadang hal ini terlewatkan, karena ada beberapa hal yang mungkin membuat kamu penasaran akan diri seseorang, padahal belum waktunya untukmu mengetahui lebih dalam.

Biarkan mereka bercerita dengan sendirinya, jika memang sudah saatnya tanpa perlu dipaksa. Dengan begitu kamu menghargai batasan dan menciptakan kenyamanan baginya.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)