3 Cara Sederhana yang Bisa Hilangkan Tumpukan Lemak pada Tubuh

Sabtu, 09 September 2023 - 06:30 WIB
loading...
3 Cara Sederhana yang Bisa Hilangkan Tumpukan Lemak pada Tubuh
Terlalu banyak lemak yang menumpuk di tubuh akan memicu obesitas dan penyakit lain. Karena itu Anda harus menghilangkannya. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Terlalu banyak lemak yang menumpuk di tubuh akan memicu obesitas dan penyakit lain. Karena itu Anda harus menghilangkannya, bisa dengan cara berolahraga ataupun diet.

Dilansir dari laman Healthline, Sabtu (9/9/2023), berikut tiga cara sederhana yang bisa dilakukan supaya lemak tubuh berkurang. Tanpa harus melakukan diet ekstrem, hidup pun bisa menjadi lebih sehat.

1. Kurangi Karbohidrat Olahan

Salah satu cara untuk mencegah lemak menumpuk yang bisa menyebabkan berat badan meningkat adalah mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Ini bisa dilakukan dengan pola makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian.



Ketika Anda melakukan itu, tingkat rasa lapar Anda akan turun, dan Anda pun biasanya makan lebih sedikit kalori.

Dengan pola makan rendah karbohidrat, Anda akan memanfaatkan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan karbohidrat yang nantinya berubah jadi lemak.

Sebuah studi tahun 2020 mengonfirmasi bahwa diet karbohidrat yang sangat rendah bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua.

2. Gerakan Tubuh

Menggerakkan tubuh secara rutin dapat membantu mengurangi penumpukan lemak. Misalnya dengan rajin berolahraga. Aktivitas ini sangat disarankan demi kesehatan Anda.

Sebut saja olahraga angkat beban, dapat membantu mengurangi berat badan, khususnya lemak yang menumpuk di dalam tubuh.


3. Konsumsi Protein, Lemak, dan Sayuran

Ketika sedang melakukan diet untuk mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh, Anda diwajibkan mengonsumsi protein, lemak baik, sayuran, serta karbohidrat kompleks.

Mengonsumsi makanan berprotein dalam jumlah yang disarankan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot Anda sambil menurunkan berat badan.

Meski Anda sedang diet, jangan sampai melewatkan lemak baik. Tubuh Anda tetap membutuhkan lemak yang sehat, apa pun jenis pola makan yang dipilih.

Minyak zaitun dan minyak alpukat adalah pilihan yang bagus untuk dimasukkan ke dalam menu makan Anda. Lemak lain seperti mentega dan minyak kelapa harus digunakan hanya dalam jumlah sedang, karena kandungan lemak jenuhnya yang cukup lebih tinggi.

Selain itu, sayuran hijau juga penting dikonsumsi ketika Anda sedang menjalankan diet untuk mengurangi lemak. Di dalam sayuran terkandung serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2308 seconds (0.1#10.140)