Ngeri! Singapura Persenjatai Jet Tempur F-16 dengan Rudal Python-5

Jum'at, 08 September 2023 - 21:41 WIB
loading...
Ngeri! Singapura Persenjatai Jet Tempur F-16 dengan Rudal Python-5
Singapura persenjatai jet tempur F-16 dengan rudal Python-5. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
SINGAPURA - Angkatan Udara Singapura , RSAF, secara terbuka mengungkapkan bahwa jet tempur F-16 yang baru ditingkatkan telah dipersenjatai dengan salah satu peluru kendali tercanggih di dunia.

Papan informasi di Pangkalan Udara Paya Lebar – tempat open house ulang tahun ke-55 RSAF akan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu – menunjukkan bahwa pesawat tempur Lockheed Martin F-16 C/D/D+ sekarang membawa rudal Python-5, menurut laporan perusahaan intelijen keamanan Janes.

Rudal udara-ke-udara jarak pendek ini, diproduksi oleh perusahaan pertahanan Israel Rafael Advanced Defense Systems, mampu menghancurkan ancaman udara dalam radius 20 km.

Rudal-rudal tersebut juga dilengkapi dengan fitur modern yang memungkinkan pilot mengunci pesawat musuh dan menembak tanpa harus mengubah arah.

Penyebaran rudal Python-5 oleh RSAF dilaporkan oleh beberapa publikasi pertahanan beberapa bulan yang lalu, namun RSAF tidak mempublikasikannya sampai sekarang.

Negara ini pertama kali menerima pengiriman jet tempur F-16 yang ditingkatkan pada bulan Juni 2021. Pesawat-pesawat tersebut akan tetap beroperasi setidaknya selama satu dekade berikutnya, dan telah beroperasi sejak tahun 1998.

Peningkatan jet tempur itu dimulai pada tahun 2016 dan RSAF memiliki rencana untuk mengganti armada F-16 mereka karena armada tersebut menghadapi keusangan secara global setelah tahun 2030.



Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka akan memperoleh 12 jet tempur F-35B dan menerima pengiriman mereka pada akhir dekade ini.

Sementara itu, koresponden Asia-Pasifik di publikasi kedirgantaraan AviationWeek Chen Chuanren mengatakan, penambahan rudal Python-5 ke dalam upgrade jet tempur F-16 adalah salah satu cara untuk memastikan jet tempur tersebut setara dengan pesawat yang lebih modern.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)